Kenalan dengan Jurusan Oseanografi dan Prospeknya

oleh -173 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pernahkah kamu mendengar jurusan oseanografi? Kalau belum mari kita kenalan dengan jurusan oseanografi dan prospeknya. Pertama kita bahas dulu apa itu oseanografi? Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena laut yang kemudian bisa kamu aplikasikan ke banyak bidang seperti lingkungan, rekayasa, bencana laut, perikanan dan mitigasi bencana. Hal ini karena perilaku laut seperti gelombang, tenggelam pulau-pulau kecil, badai, tsunami perlu untuk diprediksi. (Tika)

Jurusan oseanografi baru ada di 2 universitas negeri yaitu Institut Teknologi Bandung di bawah Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian dan Universitas Diponegoro dibawa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Pada jurusan ini kamu akan mempelajari berbagai bidang termasuk kimia, biologi, fisika, geologi sampai meteorologi. Selain itu, ada juga beberapa mata kuliah yang mempelajari struktur bangunan lepas pantai dan pelabuhan. Karena membangun infrastruktur di sekitar laut itu tidak boleh sembarangan lho. Bukan hanya itu saja, jurusan ini juga di dukung karena Indonesia sebagai maritim yang memiliki kondisi alam sebagai bagai praktik langsung dan studi lapangan.

Soal prospek kerja jurusan oseanografi juga cukup luas lho. Hal ini karena Indonesia masih butuh lebih banyak lagi ahli kelautan yang jumlahnya masih belum terlalu banyak. Apalagi negara Indonesia memiliki banyak lautan. Lulusan jurusan oseanografi bisa bergabung sebagai tim peneliti di berbagai lembaga pemerintahan, misalnya yang berkaitan dengan kelautan dan mitigasi bencana. Kamu juga bisa masuk ke dunia industri khususnya pertambangan lepas pantai.

Kamu sudah kenalan dengan jurusan oseanografi dan prospeknya. Apakah kamu tertarik mengambil program studi oseanografi?

Baca juga:

Mengenal Apa Itu Kampus Ivy League

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Belajar

Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia (Bagian 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.