Kenapa Kita Bisa Merasa Geli Saat Digelitiki Orang

oleh -216 views
geli digelitiki

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jika Anda tertawa sampai menangis ketika seseorang menyentuh area sensitif di tubuh Anda, Anda geli. Beberapa orang sangat merasakannya sehingga mereka tertawa atau merasa ngeri pada sentuhan sekecil apa pun atau pada antisipasi untuk di gelitik. Yang lain tidak tersenyum. Mengapa beberapa orang menanggapi respons menggelitik, dan yang lainnya tidak? (herdi)

baca Juga : Inilah Manfaat Tertawa Yang Wajib Kamu Ketahui!

Penyebabnya

Ada beberapa aliran pemikiran tentang apa yang membuat seseorang geli. Satu teori adalah bahwa geli berevolusi sebagai mekanisme pertahanan untuk melindungi area tubuh yang rentan dan untuk menunjukkan penyerahan. Teori lain adalah bahwa menggelitik mendorong ikatan sosial.

Ilmuwan menemukan ini dapat merangsang hipotalamus Anda, area otak yang bertanggung jawab atas reaksi emosional Anda, dan respons melawan atau lari dan rasa sakit Anda. Saat Anda di gelitik, Anda mungkin tertawa bukan karena bersenang-senang, tetapi karena Anda memiliki respons emosional otonom. Bahkan, gerakan tubuh orang yang digelitik sering kali meniru gerakan orang yang sedang sakit parah.

Apakah Anda geli atau hanya gatal?

Menurut peneliti, ada dua jenis gelitik:

  • Gargalesis adalah gelitik yang menimbulkan gelak tawa ketika seseorang menyentuh bagian tubuh yang menggelitik berulang kali. Itu tidak bisa di induksi sendiri.
  • Knismesis adalah gelitik yang di sebabkan oleh gerakan ringan pada kulit Anda yang biasanya tidak menimbulkan tawa. Jenis gelitik ini mungkin di sebabkan oleh diri sendiri. Knismesis bisa membuat Anda merasa gatal atau kesemutan. Anda tidak boleh mengaitkannya dengan gelitik karena biasanya menjengkelkan. Anda mungkin berpikir Anda hanya gatal.

Bisakah Anda membuat diri Untuk Tidak Merasa Geli?

Orang yang sangat geli atau tidak menyukai sensasi geli mungkin berjuang dengan keintiman fisik. Sentuhan paling ringan dapat membuat mereka berputar-putar. Tidak jelas apakah Anda dapat secara permanen menahan respons menggelitik Anda.

Beberapa orang mengklaim pendekatan “pikiran di atas materi” berhasil. Dengan kata lain, tersenyumlah dan tahan sampai Anda tidak lagi tertawa secara refleks. Anda mungkin juga memikirkan sesuatu yang serius ketika Anda digelitik.

Beberapa ilmuwan menyarankan bahwa aktivitas otak yang sama tidak terjadi jika Anda mencoba menggelitik diri sendiri. Itu kemungkinan besar karena Anda mengantisipasi sensasinya. Anda mungkin bisa mengelabui otak Anda dengan meletakkan tangan Anda di atas tangan orang yang menggelitik Anda. Ini memungkinkan otak Anda untuk memprediksi sensasi dan menekan respons menggelitik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.