Komunikasi Bisa Merubah Hubungan Menjadi Stres

oleh -121 views
reduce stress

ZETIZEN RADAR CIREBON – Banyak hal yang dapat membuat suatu hubungan menjadi stres atau menghilangkan stres adalah jenis komunikasi yang menyatukan hubungan tersebut. Komunikasi yang sehat dapat memungkinkan kita untuk menghadapi hampir semua badai dan dapat membuat segala sesuatunya berjalan lancar setiap hari. (herdi)

Jika komunikasi terbuka dan jelas, masalah kecil di tangani dengan cepat dan mudah, dan hubungan berlanjut. Ketika komunikasi kurang sehat, masalah kecil bisa menjadi masalah yang lebih besar dan kebencian bisa tumbuh.

Berikut adalah beberapa jenis komunikasi yang tidak sehat yang harus di hindari, dan bagaimana merubahnya menjadi stres. Anda juga akan menemukan cara yang lebih sehat untuk berkomunikasi dalam semua hubungan Anda. Beberapa hal yang merupakan komunikasi yang buruk antara lain:

Pendengar yang Buruk

Ada beberapa pendengar yang buruk, dan mereka semua merusak hubungan dengan satu atau lain cara. Ada orang malas mendengarkan seseorang yang tidak benar-benar memperhatikan tetapi dengan sopan berkata, “Uh-huh…uh-huh.” Ini hanya sedikit merugikan, tetapi dapat merusak hubungan ketika itu sepihak atau kronis. Ini bisa membuat seseorang merasa kurang di hargai daripada yang mereka inginkan.

Lebih merusak yaitu pendengar yang buruk di mana diskusi penting sedang berlangsung dan satu orang hanya menunggu giliran mereka untuk berbicara daripada benar-benar mendengar apa yang di katakan pasangan mereka.

Bagaimana Itu Bisa Menjadi Stres

Hal ini dapat berkisar dari membuat satu pasangan merasa bahwa waktu mereka terbuang sia-sia hingga merasa tidak di hargai, hingga merasa putus asa dalam hubungan ketika sampai pada perasaan di dengar atau di pahami.

Komunikasi Pasif-Agresif

Bentuk komunikasi ini dapat menunjukkan dirinya dalam banyak cara juga. Satu pasangan dapat melemahkan yang lain dengan menyetujui untuk melakukan sesuatu dan kemudian “melupakan,” atau tampak setuju, tetapi mengatakan yang sebaliknya pada saat berikutnya subjek muncul. Keagresifan pasif juga dapat di tunjukkan dengan ketidaksepakatan terus-menerus atas masalah-masalah kecil, terutama di depan orang lain.

Bagaimana Itu Bisa Menjadi Stres

Ini bisa membuat stres sebagian karena sikap pasif-agresif sulit di atasi, itu dapat dengan mudah di tolak, menciptakan situasi “gaslighting”. Itu juga dapat menciptakan stres tingkat rendah untuk merasa Anda sedang berkomunikasi dengan seseorang yang tidak mengerti atau tidak akan mengingat apa yang di katakan atau tidak peduli.

Komunikasi Agresif

Komunikasi agresif melibatkan komunikasi yang sangat bermusuhan, termasuk kritik atau bahkan pemanggilan nama. Ini merendahkan orang lain secara terbuka, membuat orang merasa defensif dan tidak meninggalkan selubung atas konflik terbuka.

Bagaimana Itu Bisa Menjadi Stress

Tidak pernah merasa baik untuk diserang. Mereka yang menggunakan taktik komunikasi agresif lebih tertarik pada kekuasaan dan “kemenangan” daripada mencapai pemahaman. Ini membawa konflik ke tingkat yang baru dan membuat saling pengertian menjadi sulit di pahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.