Kreativitas Dapat Berdampak Positif Pada Kesehatanmu

oleh -149 views
mental health

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kreativitas membantu kita memahami dunia dengan cara baru dan berbeda. Ini membantu kita menciptakan karya kecantikan, memecahkan masalah, dan menyegarkan tubuh dan pikiran kita. Ini menyenangkan, dan ketika Anda bersenang-senang, Anda berdampak positif pada kesehatan Anda. (herdi)

Baca Juga : Tips Menjaga Kulit Sehat Selama di Rumah Aja

Kreativitas Meningkatkan Kesehatan Mental

Mengekspresikan diri Anda melalui kegiatan artistik dan kreatif seperti resep untuk kesehatan mental Anda. Beralih ke kreativitas telah terbukti dalam penelitian ekstensif untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Kreativitas juga membantu mengurangi rasa malu, marah, dan depresi yang dirasakan oleh mereka yang pernah mengalami trauma.

Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed memiliki program terapi seni untuk tentara dengan PTSD. Veteran sering merasa sulit untuk mengungkapkan trauma mereka secara verbal. Manajer terapi seni Tammy Shella, PhD, ATR-BC, mengatakan, “Melalui terapi seni, pasien dapat menyampaikan perasaan mereka yang sebenarnya di dalam dan mengungkapkan hal-hal yang tidak nyaman mereka bagikan kepada dunia.”

Kreativitas Menempatkan Anda dalam Keadaan Mengalir

Pernahkah Anda begitu tenggelam dalam menulis di jurnal Anda, membuat kartu pos dari foto-foto terbaru Anda, atau menari mengikuti band favorit Anda sehingga Anda kehilangan waktu?

Psikolog Mihaly Csikszentmihalyi, salah satu pendiri psikologi positif, menyebut ini “keadaan aliran.”2 Selama waktu ini, Anda fokus dengan perhatian optimal pada tugas atau aktivitas. Kadang-kadang disebut berada di zona.

Ini adalah keadaan yang sangat baik dan seringkali euforia. Dalam keadaan ini, kita lebih sadar dan santai. Hal ini memungkinkan kita untuk merasa lebih positif dan membawa rasa pencapaian. Orang yang mengalami flow melaporkan tingkat kreativitas, produktivitas, dan kebahagiaan yang lebih tinggi.

Cara Meningkatkannya

Mungkin kita tidak menganggap diri kita sebagai seniman atau sebagai inovator yang terlatih untuk menghasilkan ide-ide baru yang berani. Namun, ciri utama inovator termasuk energi, kecerdasan, dan disiplin, yang kita semua miliki dalam jumlah yang berbeda-beda.

Kabar baik bagi kita yang tidak unggul dalam seni selama masa kanak-kanak kita adalah bahwa efek menguntungkan terjadi selama proses seni. Mereka tidak didasarkan pada produk akhir.

Laurel Healy, LCSW, mengatakan, “Terlibat dalam proses kreatif, seperti menyanyi, menari, melukis, atau menggambar, memiliki manfaat seluruh tubuh. Ketika kita fokus pada sesuatu yang menantang dan/atau menyenangkan, kita membuat jalur saraf baru, meningkatkan konektivitas di otak. Dan aktivitasnya meliputi berikut :

  • Menggambar atau Melukis. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa kegiatan seperti menggambar dan melukis dapat menghilangkan stres dan depresi.
  • Nyanyikan atau Mainkan Musik. Musik mengikat kita. Menurut peneliti, ketika kita menyelaraskan atau menyelaraskan dengan orang lain, kita memiliki perasaan yang lebih positif terhadap mereka.
  • Menari. Menari tidak hanya menyenangkan, sebenarnya sangat bagus untuk Anda bergerak dengan musik.
  • Bermain. Meskipun bermain atau mendongeng mungkin tampak pada saat itu, ada manfaat psikologis dan perkembangan yang di peroleh dan bertahan lama.
  • Dan banyak kegiatan posotif lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.