Lakukan 7 Hal Ini Kalau Kamu Mudah Tersinggung

oleh -104 views
feel irritable
A cleaner disinfects the reception at the Jewellery Quarter Academy in Birmingham, ahead of the return of students later in the week. PA Photo. Picture date: Tuesday September 1, 2020. More than a quarter of parents said they were not planning to send their child back to school at the start of term, while a further 20% remained undecided, according to a poll by the charity Parentkind. See PA story EDUCATION Schools. Photo credit should read: Jacob King/PA Wire

ZETIZEN RADAR CIREBON – Setiap orang terkadang merasa mudah tersinggung. Tapi, jika Anda tidak hati-hati, lekas marah Anda dapat menyebabkan beberapa masalah yang lebih besar dalam hidup Anda. Apakah Anda mengatakan hal-hal yang tidak Anda maksudkan dan itu merusak hubungan Anda atau Anda berjuang untuk tetap produktif di tempat kerja karena Anda terganggu oleh orang-orang di sekitar Anda, penting untuk mengatasi ketersinggungan Anda. (herdi)

Baca Juga :Fakta “Kerasukan” yang Jarang Orang Ketahui

1. Mengakui Anda Mudah Tersinggung

Ketika seseorang bertanya mengapa Anda begitu pemarah, Anda akan tergoda untuk membentak mereka dan berkata, “Saya tidak pemarah!” Anda bahkan mungkin menyalahkan orang lain karena terlalu sensitif, terlalu berisik, atau terlalu mengganggu.

Tetapi menyangkal Anda mudah tersinggung cenderung membuat Anda merasa lebih buruk. Ketika Anda menyadari bahwa Anda merasa terganggu dengan segala sesuatu dan semua orang di sekitar Anda, akui bahwa Anda mudah tersinggung.

2. Tentukan Apakah Ada Sumber yang Jelas

Terkadang, hal yang membuat Anda mudah tersinggung terlihat jelas. Contohnya meneriaki anak-anak yang tidak mau mendengarkan arahan Anda,  dapat memicu rasa kesal setelah hari yang panjang.

Di lain waktu, Anda mungkin merasa seperti “bangun di sisi tempat tidur yang salah”. Anda mungkin merasa marah dan frustrasi tanpa benar-benar mengetahui alasannya. Sedikit refleksi diri dapat membantu Anda mengenali bahwa Anda sedang stres atau bahwa Anda tidak menghabiskan banyak waktu untuk merawat diri sendiri akhir-akhir ini.

Anda mungkin juga mempertimbangkan jika Anda perlu mendapatkan sesuatu untuk dimakan. Menjadi “lapar” adalah hal yang nyata. Penurunan gula darah dapat menyebabkan sangat mudah tersinggung.

3. Ambil Beberapa Napas Dalam

Pikiran seperti, “Saya tidak tahan berada di sini satu menit lagi,” akan membuat Anda mudah tersinggung. Tubuh Anda akan meresponsnya dengan melepaskan kortisol, hormon stres.

Kemudian, jantung Anda mungkin berdetak lebih cepat. Telapak tangan Anda mungkin berkeringat. Tekanan darah Anda mungkin meningkat.

Mengambil beberapa napas lambat dan dalam dapat menenangkan respons fisiologis Anda. Ketika tubuh Anda tumbuh sedikit lebih tenang, otak Anda mungkin juga menjadi lebih tenang.

4. Istirahat

Saat Anda mengerjakan proyek yang membuat frustrasi atau ketika Anda berada di lingkungan yang meningkatkan tingkat stres Anda, terkadang hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah istirahat.

Berjalanlah sebentar dan luangkan waktu seukuran orang dewasa.

Pikirkan ketersinggungan Anda sebagai tanda bahwa Anda kehabisan baterai (mirip dengan cara perangkat digital Anda melakukannya). Beristirahat sejenak mungkin yang Anda butuhkan untuk mengisi ulang baterai Anda sehingga Anda dapat memasuki kembali situasi dengan perasaan segar.

5. Dapatkan Dosis Aktivitas Fisik yang Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga bisa baik untuk kesehatan mental Anda. Aktivitas fisik telah digunakan sebagai pengobatan yang efektif untuk kecemasan, gangguan mood, gangguan makan, dan gangguan penggunaan zat. Jadi, jika ketersinggungan berasal dari masalah kesehatan mental, berolahraga dapat membantu

Di sisi lain, bagaimanapun, terlalu banyak olahraga dapat meningkatkan kemungkinan mudah tersinggung. Ini mungkin benar terutama jika Anda sedang berdiet atau berolahraga berlebihan.

6. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet mungkin merupakan cara cepat untuk menghilangkan stres, yang dapat membantu mengurangi Anda dalam mudah tersinggung. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang merasa kurang cemas dan kurang stres ketika mereka mengunyah permen karet. Itu juga meningkatkan fokus dan perhatian mereka.

Jadi, lain kali Anda merasa sedikit kesal, ambillah permen karet. Anda mungkin merasa itu membantu Anda merasa sedikit lebih tenang dan sedikit lebih bahagia.

7. Membingkai Ulang Pikiran Negatif Anda

Saat Anda menghadapi ketidaknyamanan, seperti kemacetan lalu lintas, Anda mungkin mulai memikirkan pikiran yang memicu rasa tersinggung Anda. Memikirkan sesuatu seperti, “Saya benci menyia-nyiakan hidup saya di lalu lintas!” akan membuat Anda merasa lebih buruk.

Ketika Anda mendapati diri Anda memikirkan ketidakadilan suatu situasi atau memikirkan betapa Anda tidak menyukai sesuatu, bingkai ulang situasi itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.