Manfaat Daun Serai Bagi Kesehatan

oleh -97 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Daun serai adalah salah satu rempah yang khas dari Indonesia untuk menambah cita rasa pada makanan. Sereh juga bisa digunakan untuk menjadi minuman hangat. Banyak manfaat dari daun serai yaitu mengandung vitamin A, vitamin C, mineral, zat besi, kalium dan kalsium. Selain memgandung vitamin dan mineral, berikut ini manfaat daun serai bagi kesehatan. (Tika)

1. Detoksifikasi

Mengonsumsi teh serai juga dapat membantu detoksifikasi atau membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi ini bisa membantu dengan melancarkan fungsi berbagai organ tubuh termasuk fungsi hati dan ginjal. Oleh karena itu, apabila mengonsumsi teh serai secara rutin maka dapat melancarkan buang air kecil.

2. Menurunkan kolesterol

Serai bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat atau mencegah naiknya kolesterol. Hal ini karena daun dan akar serai memiliki sifat antihiperlipidemia dan sifat antihiperkolesterolemia. Penelitian juga mengatakan bahwa mengonsumsi rutin teh serai dapat mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh.

3. Mengobati ISK

Selanjutnya serai juga bermanfaat dalam mengobati penyakit kulit dan ISK atau infeksi saluran kencing. Hal ini karena serai memiliki kandungan antiseptik dan sifat antimikroba yang membasmi jamur di dalam tubuh. Ada penelitian yang mengatakan bahwa ekstrak serai dapat menimbulkan efek yang baik pada infeksi kulit.

4. Mengatasi sindrom prahaid

Melansir dari Hellosehat, ada sebuah studi skala kecil yang pada Journal of Clinical Nutrition yang mengatakan minum air serai dapat meningkatkan produksi urine lebih banyak dari minuman lain. Serai ini dapat merangsang organ ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine dari biasanya. Hal ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mengalami sindrom prahaid, hal ini mengingat pada saat tersebut tubuh biasanya mengalami retensi atau penyimpanan air.

5. Memberi Efek Menenangkan

Mencium aroma serai juga membuat rileks dan menenangkan. Bukan hanya minum teh chamomile, minum teh serai juga memberikan manfaat yang dapat menenangkan. Mencium aroma serai juga dapat membantu kamu meringankan gejala tentang terkait dengan kecemasan. Namun hal ini masih butuh penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan kebenarannya.

Nah itulah manfaat serai bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa mengonsumsi teh serai secara rutin atau menggunakan aromaterapi dengan aroma serai untuk efek yang menenangkan.

Baca juga:

Manfaat Rebusan Daun Pandan Bagi Kesehatan

Ini Pantai Unik yang Bercahaya pada Malam Hari

Manfaat Minyak Atsiri Bagi Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.