Manfaat Gap Year yang Bisa Kamu Dapatkan

oleh -95 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu salah satu yang termasuk untuk memutuskan gap year? Untuk kamu yang belum tahu, gap year adalah istilah untuk memutuskan menunda kuliah satu tahun setelah lulus SMA. Kamu jangan berkecil hati, karena banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika memutuskan gap year. Bahkan, universitas top dunia seperti Harvard, Princeton, New York University merekomendasikan untuk menunda kuliah setahun lho. Berikut ini manfaat gap year yang bisa kamu dapatkan selama menunda kuliah satu tahun. (Tika)

Melansir dari Zenius, banyak penelitian yang mengatakan dampak positif terhadap mahasiswa yang mengambil gap year. Di Australia dan Inggris, para peneliti menemukan bahwa gap year memiliki dampak positif yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa di perguruan tinggi. (Birch dan Miller 2007; Crawford dan Cribb).

Manfaat gap year

1. Mendewasakan diri

Manfaat gap year yang pertama adalah dapat membuat kamu menjadi lebih matang dan dewasa. Para siswa gapyear dianggap lebih dewasa dan lebih mandiri daripada siswa non gap year. Gap year juga akan mengajarkan bagaimana cara kamu untuk menentukan dan mewujudkan tujuan tersebut. Kamu dapat belajar bagaimana cara mengambil keputusan, mengatur waktu, mengatur prioritas dan komitmen yang kamu rencanakan.

2. Menentukan jurusan kuliah

Yang kedua manfaat dari gap year adalah kamu menjadi lebih matang untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat untuk kamu. Kamu bisa melakukan riset mengenai jurusan yang cocok dengan kamu. Dalam setahun kamu menunda kamu bisa mengeksplor apa yang menjadi minat dan bakat kemudjan menentukannya ke dalam jurusan yang kamu inginkan. Selain itu, bisa melakukan tes potensi akademik, tingkat kesulitan, analisis biaya yang harus di keluarkan selama kuliah hingga prospek kerja dari jurusan tersebut.

3. Memperbanyak skill

Rasanya sia-sia kalau kamu hanya berdiam diri selama setahun dan tidak melakukan apa-apa. Kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk meng-upgrade diri kamu menjadi versi yang lebih baik. Bisa dengan memperbanyak skill yang dapat memperluas bakat kamu. Misalnya, kamu bisa belajar desain grafis memasak fotografi dan melakukan hal-hal yang belum sempat kamu lakukan selama sekolah. Barangkali kamu menemukan juga passion kamu yang kamu cari selama ini.

4. Ikut kegiatan sosial

Selama setahun menjalani gap year kamu bisa mencoba berbagai aktivitas sosial di lingkungan sekitarmu. Kamu bisa menjadi relawan di bidang pengajar, penulis, pecinta binatang, pencinta lingkungan dan sebagainya. Hal ini akan melatih kamu menjadi peka terhadap lingkungan sekitar. Selain itu dengan ikut kegiatan sosial kamu juga bisa menambah relasi dan meningkatkan skill dalam bidang sosial.

5. Belajar mengenali potensi diri

Manfaat selanjutnya adalah kamu dapat belajar mengenali potensi diri kamu sendiri. Mengenali potensi diri adalah satu hal yang yang tidak mudah, namun itu juga tidak mustahil. Jadi kamu bisa memanfaatkan waktu yang kamu miliki untuk mengenali dirimu lebih dalam lagi. Seperti mengenali potensi minat dan bakat agar kamu bisa menjadi dirimu yang lebih baik.

Selain 5 hal tersebut, ada juga hal yang bisa kamu lakukan seperti belajar untuk persiapan masuk kuliah tahun depan atau kamu juga bisa bekerja untuk menambah biaya kuliah dan juga menambah pengalaman. Nah itulah manfaat gap year yang bisa kamu dapatkan apabila kamu memutuskan untuk gap year.

Baca juga:

Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia (Bagian 2)

Jurusan Untuk Kamu yang Tidak Suka Matematika

Kenalan dengan Jurusan Oseanografi dan Prospeknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.