Manfaat Rebusan Daun Pandan Bagi Kesehatan

oleh -132 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Pasti kamu sudah tahu kalau daun pandan memiliki aroma khas yang wangi yang seringkali di jadikan campuran ke beberapa jenis makanan atau minuman. Namun tahukah kamu kalau daun pandan memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah air rebusan daun pandan yang bisa membantu kamu dalam mengatasi nyeri. Yuk langsung aja kita bahas apa manfaat rebusan daun pandan bagi kesehatan. (Tika)

1. Detoks tubuh

Rebusan daun pandan memiliki kandungan antioksidan lho. Kandungan antioksidan ini bisa kamu temui pada air lemon atau teh hijau, ternyata dalam air rebusan daun pandan juga bisa mendetoks tubuh. Hal ini karena minum air rebusan daun pandan dapat melindungi organ tubuh termasuk hati dari unsur-unsur radikal bebas.

2. Meredakan demam

Saat demam tentu kamu lebih di anjurkan untuk mengonsumsi minuman hangat seperti air teh atau air jahe. Namun kamu juga bisa mengonsumsi air rebusan pandan. Cara ini telah digunakan sebagai pengobatan tradisional yang dipercaya membantu kondisi tubuh kamu menjadi lebih baik.

3. Meredakan rasa nyeri

Selanjutnya rebusan air pandan ini dapat membantu meredakan rasa nyeri seperti rasa nyeri di kepala atau di sendi. Namun cara ini digunakan hanya untuk meredakan atau mengurangi rasa nyeri tersebut, kamu tetap harus mencari tahu penyebab timbul rasa nyeri itu. Karena rebusan air daun pandan ini bukan menyembuhkan penyakit tersebut hanya meredakan saja.

4. Mengatasi insomnia

Minum minuman hangat di malam hari ketika ingin tidur dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan menenangkan. Salah satunya kamu bisa mengonsumsi rebusan daun pandan ini. Apabila kamu tidak terlalu suka minum susu yang mungkin terlalu mengenyangkan dan dapat menambah berat badan. Untuk mengatasi insomnia kamu bisa menghirup aromanya lalu menyeruput teh pandan secara perlahan hal ini akan membuat tubuh kamu menjadi jauh lebih baik.

5. Menurunkan risiko kanker

Dalam pengobatan tradisional daun pandan juga digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun perlu kamu ketahui kalau kanker adalah penyakit multifaktorial atau yang banyak faktor penyebabnya. Jadi kamu harus tetap mengimbangi dengan pengobatan dokter dan penerapan pola hidup sehat.

Nah itulah manfaat rebusan daun pandan yang bisa kamu coba.

Baca juga:

Manfaat Minyak Atsiri Bagi Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Ini Jamu Tradisional yang Bisa Tingkatkan Daya Imunitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.