Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Mental

oleh -156 views
Vitamin D for mental health

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meskipun kita semua tahu bahaya menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari. Seperti kanker kulit, kulit terbakar, dan penuaan dini ada juga banyak manfaat penting dari paparan sinar matahari. Dari kesehatan tulang dan kekebalan hingga depresi dan seasonal affective disorder (SAD). Sinar matahari menawarkan efek restoratif, perlindungan, dan penyembuhan yang kuat. Berikut uraiannya. (herdi)

Baca Juga : Matahari, Sang Bintang Membara Pemberi Cahaya

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, jantung, paru-paru, gigi, kekebalan tubuh, saraf, dan otot, serta untuk kesehatan mental yang optimal. Kekurangan vitamin D (dan kalsium) dapat menyebabkan kondisi serius, seperti penyakit tulang yang di sebut rakhitis. Juga, mereka yang memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah. Mungkin berisiko lebih tinggi terkena berbagai penyakit seperti kanker, diabetes, tekanan darah tinggi, skizofrenia, dan depresi.

Depresi

Sejumlah penelitian telah menemukan kadar vitamin D yang lebih rendah pada orang yang mengalami depresi. Dan bahwa suplementasi vitamin D (baik melalui sinar matahari atau melalui makanan atau suplemen) dapat mengurangi tingkat depresi dan memperbaiki gejala. Penelitian menunjukkan peran vitamin D dalam mengatur serotonin dan kalsium untuk kemungkinan dampak terapeutik pada depresi.

Penulis penelitian mencatat bahwa kekuatan korelasi. Peran pasti vitamin D dalam depresi, dan siapa yang dapat mengambil manfaat suplemen dan berapa banyak yang di butuhkan masih belum jelas.

Yang mengatakan, para peneliti menunjukkan banyak penelitian yang menunjukkan peningkatan suasana hati dan pengurangan gejala depresi dengan suplementasi vitamin D. Termasuk pada wanita hamil dan anak-anak.

Skizofrenia

Skizofrenia adalah kondisi kesehatan mental yang serius yang menyebabkan seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan, seringkali mengakibatkan gejala psikotik seperti halusinasi dan delusi. Ini berdampak buruk pada cara orang dengan skizofrenia berpikir dan berperilaku.

Para peneliti telah menemukan bahwa mereka yang menderita skizofrenia lebih mungkin memiliki kadar vitamin D yang sangat rendah. Dan lebih mungkin untuk tinggal di bagian dunia dengan paparan sinar matahari yang lebih sedikit. Sejumlah penelitian juga menunjukkan bahwa paparan sinar matahari yang tidak mencukupi pada masa bayi meningkatkan risiko pengembangan skizofrenia di kemudian hari.

Selain itu. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang di diagnosis dengan skizofrenia. Mereka yang mengalami gejala yang akut memiliki kadar vitamin D lebih rendah daripada mereka yang mengalami remisi dari gejala yang lebih parah.

Seasonal Affective Disorder

Gangguan afektif musiman adalah jenis depresi yang menyebabkan perubahan negatif dalam suasana hati terkait dengan perubahan musim. Terutama terjadi pada bulan-bulan musim dingin (di sebut pola musim dingin SAD atau depresi musim dingin).

Sinar matahari memainkan komponen besar dalam SAD. Dan gangguan kesehatan mental di ketahui mempengaruhi orang-orang yang tinggal lebih jauh ke utara di daerah dengan jam siang hari yang lebih sedikit dalam daripada mereka yang tinggal lebih dekat ke khatulistiwa.

Gangguan Makan

Para peneliti telah memperhatikan peningkatan keparahan gejala dan kejadian gangguan makan di bulan-bulan gelap musim gugur dan musim dingin. Yang mengarah pada teori bahwa kekurangan vitamin D mungkin berperan dalam mengembangkan kondisi kesehatan mental ini.

Para peneliti percaya bahwa peran vitamin D (bersama dengan melatonin) dalam mengatur ritme sirkadian dan serotonin berdampak pada perkembangan gangguan makan yang berbahaya ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.