Mengenal Jurusan Psikologi dan Prospeknya

oleh -121 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang populer di Indonesia. Untuk kamu yang sedang mencari-cari tentang jurusan psikologi, kamu berada di artikel yang tepat. Kali ini kita akan mengenal jurusan psikologi dan prospeknya. Yuk langsung saja kita bahas! (tika)

Jurusan psikologi adalah jurusan yang mempelajari tentang perilaku dan kepribadian manusia, dengan mempelajari mental, pikiran, dan perilaku manusia. Ilmu psikologi terdiri dari beberapa bagian yaitu psikologi klinis, psikologi perkembangan, psikologi industri dan organisasi psikologi pendidikan, dan psikologi sosial jurusan.

Psikologi terbagi dalam kategori saintek dan juga kategori soshum, tergantung kebijakan universitasnya. Melansir dqri zenius, antara jurusan psikologi saintek ataupun soshum tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Pada dasarnya ilmu psikologi yang kamu pelajari kurang lebih sama hanya ada perbedaan perspektif pada tiap universitas dalam menyaring calon mahasiswanya.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

1.Ahli psikometri

Prospek yang pertama adalah ahli psikometri. Apa sih psikometri itu? Psikometri adalah cabang dari bagian psikologi umum dan eksperimen yang membuat alat tes psikologi mulai dari mengukur kinerja, mengukur motivasi, kebahagiaan, tipe kepribadian tingkat kejujuran dan lain sebagainya. Kamu akan menjadi seorang ahli psikometri di lembaga kepolisian, KPK, ICW sampai lembaga Intelijen Negara.

2. Konsultan psikologi

Bidang psikologi juga dibutuhkan di lembaga hukum dan peradilan mulai dari kepolisian, kejaksaan, intelijen sampai kantor kantor pengacara. Hal ini digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan untuk memahami individu menganalisis perilaku, mengenali tipe kepribadian dan menyusun program demi pengembangan personil lembaga tersebut.

3. Ahli riset

Nah, lulusan psikologi juga bisa menjadi seorang ahli riset di Biro Pusat Statistik, lembaga riset independen dan semacamnya. Ahli riset dapat menguasai pengolahan data secara spesifik dari lembaga survei quick count, pemetaan pasar, kondisi makroekonomi dan masih banyak lagi.

4. Ahli intervensi sosial

Sebagai ahli intervensi sosial dapat mengarahkan sebuah kelompok yang dianggap tidak adaptif dengan lingkungan sekitar untuk bisa lebih berkembang. Para ahli intervensi sosial juga dapat bekerja untuk menangani komunitas miskin kota, kelompok teroris, kelompok pekerja seks komersial dan komunitas lainnya.

Nah, kamu sudah mengenal jurusan psikologi dan prospeknya. Apakah kamu tertarik untuk berkecimpung di dunia psikologi?

Baca juga:

Jurusan Untuk Kamu yang Tidak Suka Matematika

Gaya Belajar : Mengenal Teknik SQ3R

Kenalan dengan Jurusan Oseanografi dan Prospeknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.