Mengenal Tentang Oppositional Defiant Disorder

oleh -173 views
Oppositional Defiant Disorder

ZETIZEN RADAR CIREBON – Oppositional Defiant Disorder (ODD) adalah gangguan perilaku di mana seorang anak menampilkan pola suasana hati yang marah atau rewel, perilaku menentang atau agresif, dan dendam terhadap orang yang berwenang. Tingkah laku anak seringkali mengganggu rutinitas sehari-hari, termasuk aktivitas di dalam keluarga dan di sekolah. (herdi)

Baca Juga : Fakta Unik Tokyo Olympics 2020

Bukan hal yang aneh bagi anak-anak terutama mereka yang “berdua yang mengerikan” dan remaja awal untuk sesekali menentang otoritas. Mereka mungkin mengungkapkan pembangkangan mereka dengan berdebat, tidak mematuhi, atau berbicara kembali kepada orang tua, guru, atau orang dewasa lainnya. Ketika perilaku ini berlangsung lebih dari 6 bulan dan lebih ekstrem dari biasanya untuk usia anak, itu mungkin berarti anak tersebut mengalami Oppositional Defiant Disorder.

Perkiraan menunjukkan bahwa 2% hingga 16% anak-anak dan remaja mengalami Oppositional Defiant Disorder. Pada anak yang lebih kecil, ODD lebih sering terjadi pada anak laki-laki. Pada anak yang lebih besar, hal itu terjadi hampir sama pada anak laki-laki dan perempuan. Biasanya di mulai pada usia 8 tahun.

Gejala Oppositional Defiant Disorder

Gejala ODD mungkin termasuk berikut:

  • Melontarkan amarah yang berulang-ulang
  • Berdebat berlebihan dengan orang dewasa, terutama mereka yang memiliki otoritas
  • Secara aktif menolak untuk mematuhi permintaan dan aturan
  • Mencoba mengganggu atau membuat kesal orang lain, atau mudah di ganggu oleh orang lain
  • Menyalahkan orang lain atas kesalahanmu
  • Memiliki ledakan kemarahan dan kebencian yang sering
  • Menjadi pendendam dan mencari balas dendam
  • Mengumpat atau menggunakan bahasa cabul
  • Mengatakan hal-hal yang jahat dan penuh kebencian saat kesal

Selain itu, banyak anak ODD yang moody, mudah frustasi, dan memiliki harga diri yang rendah. Mereka juga terkadang menyalahgunakan narkoba dan alcohol

Penyebab Oppositional Defiant Disorder

Tidak ada penyebab jelas yang di ketahui dari gangguan pemberontak oposisi. Penyebab yang berkontribusi mungkin merupakan kombinasi dari faktor bawaan dan lingkungan, termasuk:

  • Genetika – disposisi atau temperamen alami anak dan kemungkinan perbedaan neurobiologis dalam cara saraf dan fungsi otak
  • Lingkungan – masalah dengan pengasuhan yang mungkin melibatkan kurangnya pengawasan, disiplin yang tidak konsisten atau keras, atau pelecehan atau pengabaian

Perawatan ODD dan Perawatan di Rumah

Oppositional Defiant Disorder, perawatannya di dasarkan pada banyak hal, termasuk usia anak, seberapa parah gejalanya, dan kemampuan anak untuk mengambil bagian dalam dan menoleransi terapi tertentu. Perawatan biasanya terdiri dari kombinasi berikut:

  • Psikoterapi: Jenis konseling ini bertujuan untuk membantu anak mengembangkan keterampilan koping, sosial, dan pemecahan masalah yang lebih efektif, dan cara untuk mengekspresikan dan mengendalikan kemarahan. Jenis terapi yang di sebut terapi perilaku kognitif bertujuan untuk membentuk kembali pemikiran anak (kognisi) untuk meningkatkan perilaku.
  • Terapi keluarga: Ini dapat di gunakan untuk membantu meningkatkan interaksi keluarga dan komunikasi di antara anggota keluarga. Teknik terapi khusus yang di sebut parent management training (PMT) mengajarkan orang tua cara untuk mengubah perilaku anak mereka secara positif. Rencana manajemen perilaku juga sering melibatkan pengembangan kontrak antara orang tua dan anak yang mengidentifikasi penghargaan untuk perilaku positif dan konsekuensi (hukuman) untuk perilaku negatif.
  • Obat: Meskipun tidak ada obat yang secara resmi di setujui untuk mengobati ODD, obat terkadang dapat di gunakan untuk mengobati gejala (termasuk menjadi impulsif dan rewel). Terkadang, seorang anak dengan ODD membutuhkan pengobatan untuk penyakit mental lain yang mungkin mereka miliki, seperti ADHD atau depresi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.