Mengenal Tentang Schizotypal Personality Disorder

oleh -164 views
personality disorder

ZETIZEN RADAR CIREBON – Schizotypal Personality Disorder adalah salah satu dari sekelompok kondisi yang secara informal di sebut gangguan kepribadian “eksentrik”. Orang yang memiliki gangguan ini sering tampak aneh atau aneh bagi orang lain. Mereka juga mungkin menunjukkan pola pikir dan perilaku yang tidak biasa. (herdi)

Masalah-masalah ini dapat menyebabkan kecemasan yang parah dan kecenderungan untuk menghindari situasi sosial, karena orang dengan schizotypal personality disorder cenderung memiliki keyakinan yang aneh dan mungkin mengalami kesulitan dalam menanggapi isyarat sosial dengan tepat.

Gangguan ini biasanya di diagnosis pada awal masa dewasa dan cenderung bertahan sepanjang umur, meskipun pengobatan, seperti obat-obatan dan terapi, dapat memperbaiki gejala.

Gejala Schizotypal Personality Disorder

Pengidap schizotypal personality disorder memiliki perilaku, pola bicara, pikiran, dan persepsi yang aneh. Orang lain sering menggambarkan mereka sebagai aneh atau eksentrik. Orang yang memiliki gangguan ini juga dapat:

  • Berpakaian, berbicara, atau bertindak dengan cara yang aneh atau tidak biasa
  • Jadilah curiga dan paranoid
  • Menjadi tidak nyaman atau cemas dalam situasi sosial karena ketidakpercayaan mereka terhadap orang lain
  • Punya sedikit teman
  • Menjadi sangat tidak nyaman dengan keintiman
  • Cenderung salah menafsirkan realitas atau memiliki persepsi yang terdistorsi (misalnya, salah mengira suara sebagai suara)
  • Memiliki keyakinan aneh atau pemikiran magis (misalnya, terlalu percaya takhayul atau menganggap diri mereka sebagai paranormal)
  • Dan lainnya

Schizotypal Personality Disorder vs. skizofrenia

Schizotypal personality disorder dapat dengan mudah di kacaukan dengan skizofrenia, penyakit mental yang parah di mana orang kehilangan kontak dengan kenyataan (psikosis). Sementara orang dengan gangguan ini mungkin mengalami episode psikotik singkat dengan delusi atau halusinasi, episode tidak sesering, berkepanjangan atau intens seperti pada skizofrenia.

Perbedaan utama lainnya adalah bahwa orang dengan gangguan ini biasanya dapat di sadarkan akan perbedaan antara gagasan dan kenyataan mereka yang terdistorsi. Mereka yang menderita skizofrenia umumnya tidak dapat di goyahkan dari delusi mereka.

Penyebab Schizotypal Personality Disorder

Kepribadian adalah kombinasi dari pikiran, emosi, dan perilaku yang membuat Anda unik. Ini adalah cara Anda memandang, memahami, dan berhubungan dengan dunia luar, serta bagaimana Anda melihat diri sendiri. Kepribadian terbentuk selama masa kanak-kanak, di bentuk melalui interaksi kecenderungan bawaan dan faktor lingkungan.

Apa yang sebenarnya salah untuk seseorang dengan schizotypal personality disorder tidak di ketahui secara pasti, tetapi kemungkinan perubahan dalam cara fungsi otak, genetika, pengaruh lingkungan dan perilaku yang di pelajari dapat berperan.

Manajemen gaya hidup

Hal-hal dalam kehidupan sehari-hari Anda yang dapat membantu Anda mengelola gejala schizotypal personality disorder meliputi berikut :

  • Hubungan yang sehat dengan teman dan keluarga
  • Jadwal yang teratur dengan banyak tidur dan olahraga
  • Minum obat Anda sesuai petunjuk
  • Peluang untuk mencapai tujuan atau membuat prestasi di sekolah, di tempat kerja, atau dalam kegiatan rekreasi

Psikoterapi

Tujuan terapi adalah untuk membantu Anda mengubah gaya hubungan Anda, harapan, pola koping, dan kebiasaan berpikir dan berperilaku. Orang dengan gangguan ini sering dapat belajar untuk menyadari ketika mereka mendistorsi kenyataan. Psikoterapi mungkin termasuk berikut :

  • Terapi perilaku kognitif (CBT), yang menunjukkan kepada Anda bagaimana orang lain dapat melihat perilaku Anda dan membantu Anda mengelola kecemasan dan meningkatkan keterampilan sosial Anda.
  • Terapi suportif. Ini mengajari Anda cara menangani emosi atau pikiran negatif, cara memercayai orang, dan cara membangun hubungan.
  • Terapi suportif-ekspresif. Ini membantu Anda menyingkirkan bias negatif tentang hubungan. Anda akan terbuka tentang pikiran, perasaan, dan kekhawatiran Anda.
  • Terapi keluarga. Perawatan bekerja paling baik ketika anggota keluarga terlibat dan mendukung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.