Mengenal Tentang Self Hatred! Tanda dan Penyebab

oleh -180 views
self hatred

ZETIZEN RADAR CIREBON – Hidup dengan Self hatred seperti hidup dengan pengganggu batin. Penindas mengkritik dan menghakimi terus-menerus, membuat seseorang merasa tidak berharga, buruk, jelek, menjijikkan, gemuk, jahat, aneh, atau seperti gagal. (herdi)

Pengganggu batin juga meyakinkan seseorang bahwa orang-orang di sekitar mereka memandang mereka dengan cara yang sama. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan dan perasaan tidak mampu berdiri sendiri tubuh atau kepribadian.

Self hatred muncul dari spiral negatif harga diri yang buruk yang mungkin memiliki berbagai penyebab. Mungkin suatu peristiwa di masa kanak-kanak atau sebelumnya dalam kehidupan, menyebabkan orang tersebut percaya bahwa mereka lebih berharga daripada yang lain.

Tanda-tanda Self Hatred

Di bawah ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda mungkin hidup dengan self hatred, selain memiliki pikiran negatif sesekali tentang self hatred.

  • Pemikiran semua-atau-tidak sama sekali: Anda melihat diri Anda dan hidup Anda sebagai baik atau buruk, tanpa nuansa abu-abu di antaranya. Jika Anda melakukan kesalahan, Anda merasa seolah-olah semuanya hancur atau hidup Anda sudah berakhir.
  • Fokus pada hal negatif: Bahkan jika Anda memiliki hari yang baik, Anda cenderung berfokus pada hal-hal buruk yang terjadi atau apa yang salah.
  • Penalaran emosional: Anda menganggap perasaan Anda sebagai fakta. Jika Anda menyadari bahwa Anda merasa buruk atau seperti gagal, maka Anda berasumsi bahwa perasaan Anda harus mencerminkan kebenaran situasi dan bahwa ada sesuatu yang salah.
  • Harga diri rendah: Anda umumnya memiliki harga diri yang rendah dan tidak merasa seolah-olah Anda mengukur ketika membandingkan diri Anda dengan orang lain dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mencari persetujuan: Anda terus-menerus mencari persetujuan dari luar dari orang lain untuk memvalidasi harga diri Anda. Pendapat Anda tentang diri Anda berubah tergantung pada bagaimana orang lain mengevaluasi Anda atau apa yang mereka pikirkan tentang Anda.
  • Tidak dapat menerima pujian: Jika seseorang mengatakan sesuatu yang baik tentang Anda, maka Anda mengabaikan apa yang dikatakan, atau berpikir bahwa mereka hanya bersikap baik. Anda kesulitan menerima pujian dan cenderung mengabaikannya alih-alih menerimanya dengan ramah.
  • Dan lainnya.

Penyebab

Jika tanda-tanda itu terdengar terlalu akrab, Anda mungkin bertanya mengapa anda merasa self hatred, dan bagaimana Anda bisa berakhir di sini? Berapa lama Anda memiliki pemikiran, “Saya membenci diri saya sendiri”? Anda mungkin tidak segera mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, jadi penting untuk meluangkan waktu untuk merenung. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab yang perlu dipertimbangkan.

Kritikus Batin Negatif

Jika Anda berpikir, “Saya benci diri saya sendiri”, kemungkinan besar Anda memiliki kritik batin negatif yang terus-menerus merendahkan Anda.1 Suara kritis ini mungkin membandingkan Anda dengan orang lain atau memberi tahu Anda bahwa Anda tidak cukup baik.

Pengalaman masa kecil

Apakah Anda tumbuh dengan orang tua yang kritis terhadap Anda? Atau apakah Anda memiliki orang tua yang tampak stres, marah, atau tegang, dan yang membuat Anda merasa perlu berjalan di atas kulit telur? Jika demikian, Anda mungkin telah belajar untuk diam dan menghilang ke latar belakang.

Hubungan buruk

Tidak semua suara hati yang kritis dimulai sejak masa kanak-kanak. Jika Anda menjalin hubungan atau persahabatan dengan seseorang yang terlibat dalam jenis perilaku yang sama, ini juga bisa menciptakan suara batin yang negatif.

Korban Bullying

Apakah Anda korban bullying di sekolah, di tempat kerja, atau dalam hubungan lain? Bahkan hubungan sementara dengan orang lain dapat menciptakan kenangan abadi yang memengaruhi konsep diri Anda dan memengaruhi harga diri Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.