Mental Block! Definisi dan Cara Menghadapinya

oleh -212 views
mental block

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mental Block dapat di gambarkan sebagai hambatan psikologis yang mencegah atlet dari melakukan keterampilan tertentu. Mental Block dapat dengan mudah di kacaukan dengan kecemasan kinerja, karena keduanya terdiri dari skenario menantang yang muncul dalam olahraga yang memaksa atlet untuk ‘bertarung’ melawan masalah yang di rasakan, atau ‘melarikan diri’ dan menghindari skenario tersebut.  (herdi)

Akar dari Mental Block

Faktor pendukung yang menjelaskan mengapa mental block terjadi dalam olahraga sangat bergantung pada perbedaan individu, seperti gaya fokus, persepsi dan tingkat kepercayaan diri dan ketangguhan mental.

  • Focus Styles. Atlet dapat fokus secara internal atau eksternal (atau kombinasi keduanya). Atlet yang fokus secara internal mencapai performa puncaknya ketika mereka terus-menerus fokus dan tenggelam dalam sesi latihan, tanpa gangguan, sedangkan atlet yang fokus secara eksternal tampil paling baik saat mereka hanya fokus pada olahraga saat dan saat mereka akan memulai sesi latihan atau latihan, untuk meminimalkan kemungkinan munculnya kecemasan kompetitif.
  • Ketangguhan Mental, Kemanjuran Diri dan Persepsi Negatif. Jones (2002) mendefinisikan ketangguhan mental sebagai memiliki keunggulan psikologis, baik secara alami atau berkembang, yang memungkinkan Anda untuk mengatasi banyak tuntutan olahraga dan secara konsisten lebih fokus, bertekad dan percaya diri di bawah tekanan. Di perkirakan bahwa individu dengan tingkat ketangguhan mental yang cukup mengadopsi perilaku pendekatan untuk olahraga dan tantangan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Mental block dapat dengan mudah di atasi dengan pemahaman, dukungan, perencanaan, dan teknik yang tepat.

1) Pengakuan

Banyak orang mengatakan bahwa pengetahuan adalah kekuatan, jadi mengenali bahwa Anda mengalami mental block adalah tahap pertama untuk mengatasi masalah. Ini karena menyadari bahwa masalahnya adalah mental yang bertentangan dengan fisik dapat memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah dengan cerdas.

2) Istirahat

Jika Anda tidak berhasil mencoba mengatasi hambatan mental, hal terbaik berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah istirahat. Cobalah beberapa aktivitas yang tidak berhubungan seperti memecahkan teka-teki silang, mencuci piring, atau berbicara dengan teman.

Istirahat membantu untuk mengatur ulang pikiran Anda dan menghubungkan titik-titik. Anda bahkan bisa tidur siang untuk membiarkan alam bawah sadar Anda bekerja melalui Mental block.

3) Gunakan ketakutanmu secara positif

Jika Anda yakin Anda akan gagal bahkan sebelum memulai sebuah proyek, Anda mungkin menyabotase diri sendiri atau berkinerja buruk, menciptakan ramalan yang terpenuhi denga sendirinya. Manfaatkan ketakutan Anda dengan mempersiapkan hasil proyek yang merugikan, serta yang positif. Ketika Anda menyadari semua yang bisa salah, Anda lebih siap untuk menghadapinya, terutama dalam tahap perencanaan proyek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.