Museum Tertua di Indonesia, Sudah Pernah Kesana?

oleh -56 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Museum adalah salah satu tempat wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi sambil belajar. Indonesia memiliki banyak sekali museum yang keren dan ada juga museum yang ternyata memiliki usia yang sudah tua. Berikut ini museum tertua di Indonesia yang mungkin bisa kamu kunjungi. (Tika)

1. Museum Wayang

Museum Wayang adalah museum tertua di Indonesia. Gedung ini berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat yang berdiri pada tahun 1640 oleh VOC. Tahukah kamu kalau tempat ini awalnya sebuah gereja tua lho. Pada 14 Agustus 1936 tempat tersebut dibeli oleh Bataviaasch Genootschap Van kunsten en Wetenschappen yang merupakan lembaga penelitian di bidang seni serta ilmu biologi fisika, kimia dan sebagainya. Museum wayang di resmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 13 Agustus 1975. Tempat ini memiliki 4000 wayang dari berbagai jenis dan bentuk mulai dari wayang golek, wayang topeng, wayang rumput, wayang beber, boneka hingga gamelan.

2. Museum Fatahilah

Selanjutnya ada museum Fatahillah yang berdiri pada 1707 silam. Pada saat pemerintahan VOC, gedung ini berguna sebagai balaikota, Kantor Catatan Sipil,  pengadilan, dewan kotapraja dan sebagai warga beribadah pada hari Minggu. Pada tahun 1968 bangunan ini diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta dan berubah menjadi Museum Fatahillah. Museum Fatahillah berada di Jalan Taman Fatahillah nomor 1, Jakarta Barat yang diresmikan pada 30 Maret 1974. Di dalam museum ini terdapat informasi mengenai perjalanan panjang sejarah kota Jakarta sejak masa prasejarah hingga kini.

3. Museum Bahari

Museum Bahari berlokasi di DKI Jakarta yang sejak dahulu telah menjadi gudang untuk penyimpanan hasil bumi. Namun pada saat Jepang menjajah Indonesia gedung ini beralih fungsi menjadi penyimpanan barang logistik Jepang. Kemudian setelah masa kemerdekaan Indonesia tempat ini menjadi tempat PLN dan PTT sebagai gudang. Namun pada 7 Juli 1977 gedung ini diresmikan menjadi Museum Bahari. Tempat saat ini menyimpan berbagai koleksi Perahu tradisional dari aneka bentuk mulai dari miniatur kapal, perlengkapan penunjang pelayaran seperti jangkar navigasi meriam dan yang lainnya.

4. Museum Nasional Republik Indonesia

Museum tertua selanjutnya adalah Museum Nasional Republik Indonesia yang sudah berdiri pada 24 April 1778 oleh organisasi bernama bataviaasch genootschap Van kunsten en wetenschappen. Tempat ini dibangun untuk memajukan penelitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan seperti fisika, biologi, etnologi, sejarah dan lainnya. Pemerintah mengganti nama menjadi Museum Nasional yang terdiri dari 160 ribu benda bersejarah yang terdiri dari 7 jenis koleksi prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu Buddha, nurnismatik, dan heraldik, keramik, etnografi dan sebagainya.

5. Museum Bank Indonesia

Pernahkah kamu mengunjungi museum Bank Indonesia? Museum Bank ini berdiri pada tahun 1828 yang yang kini menjadi Bank Indonesia. Tahukah kamu kalau museum ini menjadi saksi bisu sejarah panjang dunia perbankan di Indonesia lho. Di dalam museum ini terdapat sekitar 750 ribu koleksi yang sebagian besar adalah uang. Mulai dari uang kertas, uang logam dan berbagai pecahan. Lokasi museum Bank Indonesia terletak di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3 Jakarta Barat.

Nah, itulah beberapa museum tertua di Indonesia yang menarik dan tidak kalah asyik untuk kamu kunjungi pada saat berwisata. Jadi mana yang tertarik untuk kamu kunjungi?

Baca juga:

Hotel Terunik di Dunia (Bagian 2)

Keindahan Alam Indonesia yang Mendunia (Bagian 1)

Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.