Sulit Menghadapi Orang Narsis? Ini Dia Caranya

oleh -190 views

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anda mungkin bertanya-tanya apakah pasangan, rekan kerja, atau anggota keluarga Anda adalah seorang narsis. Sementara banyak orang memiliki apa yang oleh dokter di sebut sifat narsistik, seperti kepentingan diri sendiri dan hak (berpikir mereka berutang sesuatu), orang yang di diagnosis dengan Narcissistic Personality Disorder bisa menjadi tantangan yang lebih besar. (herdi)

Baca Juga Lihat Kepribadian Seseorang Lewat Rasa Makanan!

“Hidup dengan seorang narsis membutuhkan keterampilan emosional yang berbeda atau lebih maju,” kata Kimberly Perlin, pekerja sosial klinis berlisensi Towson, MD. Dia mengkhususkan diri dalam membantu wanita dalam hubungan dengan narsis dan juga memperlakukanya.

Apa yang Harus Di Lakukan Dengan Seorang Narsis?

Ambil langkah-langkah berikut ini untuk menangani seorang narsis:

  • Di diklah diri mu sendiri. Cari tahu lebih lanjut tentang gangguan tersebut. Ini dapat membantu Anda memahami kekuatan dan kelemahannya dan belajar bagaimana menanganinya dengan lebih baik. Mengetahui siapa mereka juga memungkinkan Anda menerima situasi apa adanya dan memiliki harapan yang realistis.
  • Buat batasan. Jadilah jelas tentang batasan Anda. Ini mungkin membuat kesal atau kecewa si narsis, tapi tidak apa-apa. Ingat, bukan tugas Anda untuk mengendalikan emosi orang itu, kata Perlin.
  • Bicaralah untuk diri Anda sendiri. Ketika Anda membutuhkan sesuatu, jelas dan ringkas. “Pastikan mereka memahami permintaan Anda, kata Perlin.
  • Perhatikan kata-kata Anda. Orang narsis tidak menerima kritik yang membangun dengan baik, kata Manly. Cobalah untuk membuat komentar dengan hati-hati, dengan cara yang positif.
  • Tetap tenang. Cobalah untuk tidak bereaksi jika mereka mencoba untuk berkelahi atau menembak Anda (membuat Anda meragukan realitas Anda sendiri). Jika mereka menyerang, anggap mereka sebagai anak berusia 3 tahun yang merasa di tolak karena orang tua mereka mengatur waktu tidur.
  • Buat sistem pendukung. Hidup dengan seorang narsis dapat menyebabkan perasaan tidak aman, kebingungan, dan keraguan diri. “Pastikan Anda memiliki kelompok inti orang dalam hidup Anda yang dapat mendukung Anda,” kata Talley.
  • Bawa seorang konselor. Terapi tidak akan menyembuhkan narsisme pasangan Anda, tetapi dapat membantu Anda menyelesaikan hal-hal tertentu. Seorang konselor dapat menunjukkan cara untuk mendekati pemecahan masalah dengannya.

Apa yang Tidak Harus Di Lakukan

Hal-hal tertentu dapat memicu masalah dengan seorang narsis, jadi sebaiknya hindari hal hal berikut :

  • Jangan berdebat atau berkonfrontasi. Terkadang menemukan yang terbaik untuk tidak menghadapi seorang narsis  secara langsung. Sesulit mungkin untuk terus-menerus berjinjit di sekitar mereka, akan lebih baik untuk mengelola kebutuhan mereka untuk merasa bertanggung jawab.
  • Tidak mencoba mengarahkan mereka. Narsis suka memiliki kendali dan sering kali takut kehilangannya. “Upaya untuk memimpin atau menginstruksikan seorang narsis seringkali gagal,” kata Manly.
  • Jangan berharap mereka melihat sudut pandang Anda. Orang narsis tidak suka mengakui ketika mereka salah atau bahwa mereka tidak di cintai, jadi mencoba membuat mereka melihat hal-hal dengan cara Anda bisa menjadi bumerang.
  • Tidak mengharapkan komunikasi yang dalam dan bermakna. “Orang narsis memiliki sedikit empati, sehingga komunikasi yang jujur ​​dan tulus sering tidak berhasil dan bahkan dapat menimbulkan ledakan kemarahan atau respons penutupan,” kata Manly.
  • Jangan membahas masalah masa lalu. Jangan mencoba membuat mereka melihat garis panjang perilaku sejak bertahun-tahun yang lalu atau bagaimana mereka seperti ayah mereka, misalnya. Sebaliknya, tetaplah berada di masa sekarang ketika Anda mengungkapkan permintaan atau perasaan terluka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.