Terjebak Dalam Rumah? Cara Mengatasi Cabin Fever

oleh -179 views
cabin fever

ZETIZEN RADAR CIREBON – Cabin Fever bukanlah gangguan mental yang diklasifikasikan (dalam manual resmi psikiatri) atau jenis demam apa pun. Selama beberapa dekade, telah digunakan untuk menjelaskan perasaan bosan, sedih, atau kesepian karena terjebak di rumah selama beberapa hari atau bulan. (herdi)

Ini merupakan hal yang paling sering terlihat selama bulan-bulan musim dingin, bencana alam, kurangnya transportasi, dan pandemi seperti COVID-19 sekarang ini.

Apa Itu Cabin Fever ?

Cabin Fever umumnya merupakan perasaan negatif sementara, lekas marah, atau kelesuan karena terkurung di suatu tempat untuk waktu yang lama. Tidak semua orang akhirnya terkena Cabin fever. Perasaan itu muncul karena Anda terjebak di rumah, Anda tidak bisa keluar, dan Anda tidak dapat menikmati kehidupan sosial Anda baik karena cuaca dingin atau karena pembatasan pertemuan sosial dan bertemu orang.

Gejala Cabin Fever

Mungkin Anda mengalami hal berikut :

  • Kesulitan bangun dan tidur atau tetap tertidur.
  • Motivasi menurun.
  • Sering tidur siang.
  • Keputusasan.
  • Kelesuan.
  • Perasaan depresi.
  • Ketidakmampuan untuk mempertahankan konsentrasi.
  • Ketidaksabaran.

Cabin fever biasanya merupakan kondisi sementara yang hilang begitu Anda keluar (setelah pembatasan di cabut) dan melanjutkan kehidupan rutin Anda. Namun, ada beberapa kasus cabin fever yang di diagnosis sebagai depresi pertengahan musim dingin atau seasonal affective dissorder (SAD).

Cara Mengatasi

Habiskan waktu di luar ruangan

Penelitian menunjukkan bahwa waktu yang di habiskan di alam adalah waktu yang di habiskan dengan baik untuk kesehatan mental. Menghabiskan waktu di luar ruangan tidak hanya meningkatkan fungsi kognitif Anda, tetapi juga dapat membantu, meningkatkan suasana hati Anda, menghilangkan stress, dan meningkatkan perasaan sejahtera

Bergantung pada alasan Anda mengisolasi, pastikan untuk memeriksa semua peraturan setempat dan hindari ruang yang di tutup untuk alasan keselamatan atau kesehatan. Jika keluar rumah bukanlah pilihan, Anda dapat mencoba hal berikut :

  • membuka jendela Anda untuk membiarkan angin luar masuk
  • menambahkan pengumpan burung di luar jendela Anda untuk membawa burung lebih dekat ke ruang hidup Anda
  • memesan atau membeli bunga segar yang harum dan menempatkannya di tempat yang dapat Anda lihat dan cium sepanjang hari
  • menanam herba atau tanaman kecil di ambang jendela, teras, atau balkon

Beri diri Anda rutinitas

Anda mungkin tidak memiliki pekerjaan 9-ke-5 untuk dilaporkan saat Anda terisolasi, tetapi kurangnya rutinitas dapat menyebabkan gangguan dalam makan, tidur, dan aktivitas.

Untuk menjaga rasa struktur, cobalah untuk membuat rutinitas harian yang terdiri dari pekerjaan atau proyek rumah, waktu makan, waktu olahraga, dan bahkan waktu istirahat.

Menjaga kehidupan sosial

Jadi Anda tidak bisa pergi ke bioskop atau bertemu teman-teman Anda untuk makan malam. Tapi Anda masih bisa “bertemu” dengan mereka hanya dengan cara yang berbeda.

Gunakan layanan streaming video waktu nyata, seperti FaceTime, Zoom, atau Skype, untuk mengobrol dengan teman, kolega, dan orang yang Anda cintai. Waktu obrolan tatap muka dapat membuat Anda tetap berhubungan dengan “dunia luar” dan bahkan membuat rumah kecil Anda terasa jauh lebih besar.

Terhubung dengan orang lain yang berada dalam situasi yang sama juga dapat membantu Anda merasa bahwa Anda tidak sendirian.

Ekspresikan sisi kreatifmu

Apakah Anda memainkan alat musik band di sekolah menengah? Anda pernah tertarik melukis? Apakah Anda memiliki setumpuk foto liburan yang pernah Anda janjikan pada diri sendiri untuk dimasukkan ke dalam lembar memo? Apakah ada resep yang selalu ingin Anda coba tetapi tidak pernah punya waktu?

Gunakan waktu Anda dalam isolasi untuk terhubung kembali dengan aktivitas kreatif yang harus Anda tunda karena hidup menjadi terlalu sibuk. Menghabiskan waktu untuk kegiatan kreatif membuat otak Anda sibuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.