Ternyata Bersyukur Bisa Membuat Hidup Bahagia

oleh -104 views
hiduo bersyukur

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memilih untuk bersyukur mungkin merupakan cara yang mudah dan dapat di akses untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. Ada hubungan yang pasti antara rasa syukur dan kebahagiaan. Pertama, apa itu kebahagiaan? Ketika kita memikirkan kebahagiaan, kita biasanya menganggapnya sebagai rasa kesejahteraan subjektif, perasaan senang dan puas.  (herdi)

Apa yang mungkin tidak di sadari banyak orang adalah bahwa kebahagiaan bukan hanya emosi atau perasaan sesaat. Ini tentang seberapa baik perasaan Anda dan juga seberapa puas Anda dengan hidup Anda.

Peneliti psikologi positif Sonja Lyubomirsky, yang telah memenangkan hibah untuk penelitiannya tentang kemungkinan meningkatkan kebahagiaan secara permanen, menganggap emosi yang menyenangkan seperti kegembiraan dan rasa kesejahteraan positif dalam mengukur kebahagiaan. Namun, dia juga menemukan kebahagiaan dengan memasukkan rasa makna, nilai, dan tujuan hidup yang mendalam.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Kita Saat Kita Bersyukur?

Banyak bukti ilmiah telah menunjukkan bahwa rasa syukur memiliki efek luas pada kesehatan kita. Ketika orang bersyukur dan baik dengan hal-hal apa adanya, kesehatan fisik mereka mencerminkan hal itu. Mereka lebih cenderung berolahraga, makan lebih baik, dan menjaga kesehatan mereka.

Rasa syukur juga memiliki dampak positif yang kuat pada kesejahteraan psikologis. Ini meningkatkan harga diri, meningkatkan emosi positif dan membuat kita lebih optimis.

Ketika kita merasakan kebahagiaan yang mendalam, tubuh kita memproduksi segala macam bahan kimia yang luar biasa. Keller menjelaskan secara lebih spesifik betapa bermanfaatnya itu bagi tubuh kita.

Cara Berlatih Bersyukur

Sama seperti otot, ketika Anda lebih sering melatih bersyukur, Anda lebih mungkin melihat efek yang menguntungkan.

Belajar dari Skandinavia

Pada tahun 2018 dan 2019, Finlandia menempati peringkat No. 1 dalam Laporan Kebahagiaan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Perlu berhenti sejenak untuk memikirkan mengapa Finlandia, Norwegia, Swedia, Denmark, dan Islandia sering menempati peringkat teratas untuk orang-orang paling bahagia di dunia.

Laporan PBB adalah survei kebahagiaan global yang memeringkat 156 negara berdasarkan penilaian responden tentang kehidupan mereka sendiri.

Aktifkan Syukur Secara Teratur

Cara terbaik untuk menjadikan rasa syukur sebagai kebiasaan adalah dengan tidak menunggu momen spesial. Beberapa orang telah di beritahu oleh terapis mereka bahwa mereka dapat menghindari stres dan kecemasan dengan membuat jurnal rasa syukur. Menulis jurnal setiap hari juga berkorelasi dengan peningkatan kebahagiaan.

Lakukan Latihan Syukur

Tujuan Anda adalah berlatih dengan niat dan menambahkan kebiasaan yang di dukung sains ini untuk meningkatkan kebahagiaan Anda. Apakah Anda merasa terlalu sibuk, terutama dengan pekerjaan? Keller mendorong kliennya untuk berlatih bersyukur bahkan di tempat kerja.

Dalam Islam

Di dalam Islam, bersyukur dapat di lakukan melalui perbuatan, lisan, termasuk hanya di dalam hati. Dengan memperbanyak bersyukur, kenikmatan dan pahala yang di peroleh seseorang akan berlipat ganda.

Namun, keinginan manusia yang tak ada habisnya terkadang membuatnya lupa bersyukur. Padahal perintah bersyukur sudah tercantum dalam ayat suci Alquran dan beberapa hadits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.