Tips Agar Di hargai dan Tidak Diinjak-Injak Orang Lain

oleh -92 views
social relationship

ZETIZEN RADAR CIREBON – Orang yang sudah berani meminta maaf duluan sudah pasti berjiwa besar. Tapi apa jadinya kalau Anda selalau minta maaf untuk setiap hal yang bahkan bukan keselahan Anda? Meski terlihat manis dan sopan, tetap saja ini bisa jadi merugikan. Orang akan berpikir kalau Anda mudah di injak-injak dan tak perlu di hargai. Lalu bagaimana cara nya di hargai orang lain? Berikut adalah tips untuk bisa di hargai orang. (herdi)

Baca Juga :Cinta Beda Agama? Tips Agar Hubungan Lancar!

1. Minta maaf untuk apa yang Anda salah tetapi tidak untuk siapa Anda atau apa yang Anda capai.

Intinya, jangan meminta maaf secara berlebihan. Melakukan hal itu dapat menyebabkan orang melihat Anda lebih rendah, terutama ketika kecenderungan Anda untuk secara otomatis meminta maaf kepada orang lain tidak hanya untuk kesalahan Anda, tetapi juga untuk kesalahan mereka.

Saya sama sekali tidak menyarankan Anda untuk mengabaikan kesalahan Anda atau kesalahan tim Anda. Itulah yang di lakukan oleh para pemimpin yang lemah. Sebaliknya, saya berpendapat bahwa pemimpin yang kuat menjawab tindakan tim mereka dan tindakan mereka sendiri dengan mengambil tanggung jawab penuh atas kesalahan, dan mereka lebih di hormati karena melakukannya. Tetapi jangan meminta maaf untuk hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan, hal-hal di luar wewenang Anda, atau hal-hal yang membuat Anda menjadi diri sendiri.

2. Miliki keberanian untuk menunjukkan apa yang tidak berhasil dan ketekunan untuk mengusulkan metode yang akan berhasil.

Jika Anda adalah pencari kesalahan yang menetap di tim, tidak ada yang akan menyukai atau menghormati Anda. Meskipun sangat penting untuk menyoroti kesalahan, kekurangan, dan area untuk perbaikan, sama pentingnya jika tidak lebih penting untuk menambahkan ide, rekomendasi, dan metode Anda ke dalam campuran. Orang-orang menghormati pemecah masalah dan pencari solusi lebih dari pengeluh.

Untuk mendapatkan lebih banyak rasa hormat, tunjukkan kemampuan Anda untuk menjadi pemikir strategis dan tawarkan proposal yang bijaksana dan komprehensif dengan solusi. Ketika Anda memiliki keberanian untuk tidak hanya menunjukkan apa yang salah tetapi juga berdiri di belakangnya dengan proposal yang di pikirkan dengan matang tentang bagaimana membuatnya lebih baik, Anda mendapatkan lebih banyak rasa hormat.

3. Perlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin di perlakukan, bukan sebagaimana Anda ingin di perlakukan.

Meskipun bermaksud baik, prinsip Aturan Emas gagal. Aturan Emas menyarankan agar kita ”memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin di perlakukan”. Pendekatan yang lebih baik adalah dengan “memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin di perlakukan.” Ini di sebut Aturan Platinum, dan menganggap bahwa ketika berurusan dengan orang lain, yang terbaik adalah mencoba membuatnya tentang mereka. Fokus pada apa yang mereka butuhkan dan apa yang mereka pedulikan sejauh mungkin.

4. Ajukan lebih banyak pertanyaan dan tetap terbuka untuk ide-ide baru.

Jika Anda bertanya-tanya, orang benar-benar tidak suka yang tahu segalanya. Jika Anda berkeliling meremehkan orang lain sambil bertindak seolah-olah Anda memonopoli ide-ide cemerlang, keahlian terbaik, atau solusi terbaik, maka Anda tidak akan di sukai. Orang akan kurang menghormati Anda karena mereka merasa Anda tidak menghargai ide atau keahlian mereka.

5. Jadikan kebutuhan Anda sebagai prioritas, dan atasi konflik bahkan ketika itu tidak nyaman.

Orang-orang menghormati orang-orang yang menghargai diri mereka sendiri dan menghargai kebutuhan mereka sendiri. Ketika Anda menghindari konflik, Anda mengirim pesan bahwa kebutuhan Anda lebih rendah daripada kebutuhan orang lain. Ketika Anda melakukannya secara berlebihan, orang akan berharap bahwa Anda akan mengakomodasi dan memprioritaskan kebutuhan mereka di atas kebutuhan Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.