Toxic Parents! Ini Dia 5 Tips Untuk Menghadapinya

oleh -276 views
deal with toxic parents

ZETIZEN RADAR CIREBON – Toxic parents dapat membuat hidup Anda sengsara. Mereka terkenal manipulatif, mengendalikan, dan kritis. Mereka menyulitkan Anda untuk memisahkan diri secara emosional dari mereka sehingga Anda dapat membuat pilihan sendiri, menetapkan tujuan Anda sendiri, dan menjalani kehidupan yang memuaskan bagi Anda.  (herdi)

Sebaliknya, Anda mungkin mendapati diri Anda mempertanyakan keputusan Anda, tidak pernah merasa cukup baik, dan di liputi rasa bersalah ketika Anda mengatakan tidak kepada mereka. Dan berikut adalah 5 tips untuk menghadapi Toxic Parents

5 Tips Untuk Menghadapi Toxic Parents

1) Berhentilah mencoba menyenangkan mereka

Itu normal untuk menginginkan persetujuan orang tua Anda, tetapi toxic parents hampir tidak mungkin untuk menyenangkan. Dan yang lebih penting, ini adalah hidup Anda dan Anda berhak untuk membuat pilihan Anda sendiri dan melakukan apa yang membuat Anda merasa baik. Menjalani hidup Anda sesuai dengan nilai dan tujuan orang lain akan membuat Anda tidak bahagia dan tidak puas secara kronis.

2) Tetapkan dan tegakkan batasan

Batasan membantu kita menetapkan harapan dan batasan yang jelas tentang bagaimana orang lain dapat memperlakukan kita. Batasan menciptakan ruang emosional dan fisik antara Anda dan orang tua. Ini mungkin sesuatu yang tidak Anda miliki sebagai seorang anak, sehingga mungkin terasa tidak nyaman untuk menetapkan batasan. Dan mulai memberi tahu orang tua Anda bagaimana Anda ingin di perlakukan.

Orang toxic menolak batasan mereka ingin memegang kendali. Menetapkan batasan dengan toxic people itu sulit karena mereka tidak menghormati batasan, tetapi jangan biarkan hal itu menghalangi Anda.

3) Jangan mencoba mengubahnya

Mencoba mengubah orang yang tidak ingin berubah adalah pemborosan energi (dan akan membuat Anda sangat frustrasi). Alih-alih, fokuslah pada apa yang dapat Anda kendalikan, bagaimana Anda menanggapi orang tua, pilihan, dan perilaku Anda.

4) Berhati-hatilah dengan apa yang Anda bagikan dengan mereka

Kepercayaan adalah elemen penting dari hubungan yang sehat dan kita hanya boleh berbagi informasi pribadi dengan mereka yang telah membuktikan diri dapat di percaya. Sayangnya, orang tua Anda mungkin tidak termasuk dalam kategori ini jika mereka bergosip tentang Anda, mengkritik, berbagi hal-hal tentang Anda tanpa izin Anda, atau menggunakan apa yang Anda katakan kepada mereka untuk melawan Anda.

 Anda tidak berkewajiban untuk memberi tahu mereka segala sesuatu yang terjadi dalam hidup Anda atau menjawab pertanyaan mereka. Bagikan hanya apa yang terasa nyaman dan aman.

5) Ketahui batasan orang tua Anda dan atasi mereka tetapi hanya jika Anda mau

Saya tahu banyak anak dewasa pecandu alkohol yang tahu bahwa mereka tidak dapat mengubah orang tua mereka minum dan menyadari bahwa orang tua mereka menjadi pelupa, agresif, atau sulit setelah waktu tertentu (ketika mereka mabuk). Jadi, mereka merencanakan panggilan telepon, kunjungan, dan kumpul-kumpul keluarga di pagi hari untuk menghindari perilaku terburuk orang tua mereka. Ini adalah strategi koping yang efektif untuk beberapa orang, tetapi Anda tentu tidak harus merencanakan hidup Anda di sekitar orang tua Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *