Trauma Juga Punya Sisi Positif! Manfaat Dari Trauma

oleh -252 views
manfaat trauma

ZETIZEN RADAR CIREBON – Trauma atau luka pada dasarnya bertujuan melindungi diri dari ketidaknyamanan dan kemungkinan peristiwa buruk yang akan terjadi di masa depan. Tubuh dan pikiran akan memberikan sinyal bahaya ketika sebuah pengalaman mirip trauma itu muncul di hadapan kita. (herdi)

Berkomunikasilah dengan dirimu sendiri, ini bermanfaat untuk menyadari serta menerima setiap perasaan. Dan ketika saatnya kamu sudah siap, waktunya melepaskan setiap beban yang menyertai sebuah ingatan. Tanpa di paksakan, tapi tetap di ingat sebagai bentuk peringatan.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Perbedaan Trauma dan PTSD

Tidak Semua Hal Buruk Tidak Mempunyai Hal Positif

Setiap perilaku yang kita lakukan, selalu memilliki sebuah manfaat. Bahkan ini berlaku untuk kebiasaan buruk sekalipun. Kita ambil contoh kebiasaan rebahan. Nah! Ternyata, ini adalah cara kita menghindar dari hal yang tidak ingin kita lakukan.

Atau merokok, walaupun nggak semua menganggap ini buruk, ternyata hal ini bertujuan baik  yaitu untuk membuat diri sendiri nyaman di berbagai situasi. Pikiran dan tubuh kita memiliki kecerdasan sendiri.

keduanya ada untuk melengkapi diri dan membuat diri tetap hidup. Inilah yang menjadi alasan kenapa sebiah trauma bisa membantu kita bertahan untuk menjalani kehidupan.

Menurut Ahli

Apakah orang mendapat manfaat langsung dari peristiwa trauma emosional? Associate Professor Psikologi Anthony Mancini dan rekan-rekannya berani mengajukan pertanyaan ini, dan mereka menemukan bahwa beberapa korban, pada kenyataannya, mengalami manfaat psikologis langsung setelah peristiwa traumatis.

Mancini dan rekan-rekannya menemukan bahwa setelah penembakan Virginia Tech 2007, 15% dari 368 siswa perempuan yang selamat benar-benar membaik dalam tingkat kecemasan dan depresi mereka.

Tidak hanya temuan yang mengejutkan, tetapi sampai saat ini, ini adalah satu-satunya penelitian yang meneliti dan menetapkan efek psikologis positif dari trauma secara langsung.

Manfaat Dari Trauma

1. BERPIKIR BERNUANSI

Fleksibilitas Kognitif atau kemampuan untuk melihat hal-hal yang telah terjadi pada Anda pada spektrum pengalaman mungkin merupakan salah satu manfaat dari trauma. Pada awalnya, Anda mungkin merasa sangat terluka atau di manfaatkan.

Perasaan bahwa dunia tidak dapat di percaya, bahkan bahwa Anda tidak dapat memercayai diri sendiri, mungkin telah mendominasi pemikiran Anda. Namun, seiring waktu, pikiran Anda mungkin telah berubah.

2. KESADARAN PIKIRAN/TUBUH

Pada umumnya, trauma d isimpan dalam sistem saraf. Otak dan tubuh Anda di tahan dalam ketegangan berkelanjutan yang menggelisahkan, tidak nyaman, dan seringkali menyakitkan secara kronis. Manfaat dari ketegangan tersebut berfungsi untuk membuat Anda menyadari betapa terhubungnya pikiran Anda dengan tubuh Anda.

3. MAKNA DAN TUJUAN YANG DI PERBARUI

Ketika trauma menyebabkan rasa sakit emosional yang mengarah pada gejala yang macet dan terus-menerus terkait dengan PTSD, perubahan positif sering kali datang melalui kemampuan untuk mencari dan menciptakan makna.

Seberapa sering Anda mendengar orang mengatakan bahwa “segala sesuatu terjadi karena suatu alasan” atau bahwa “apa yang tidak membunuh kita membuat kita lebih kuat?” Ini mengomunikasikan bahwa trauma menjadi katalis positif bagi optimisme, harapan, dan rasa keteraturan yang bermakna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.