Union Pacific Gas Turbine, Kereta Api Gas Turbine Terbesar di Dunia

oleh -238 views
Source: RailPictures.Net (Chris Zygmunt)

ZETIZEN RADAR CIREBON – Sebelum lokomotif diesel mulai menguasai jaringan rel, terdapat lokomotif yang bahkan dapat mencapai 10.000 tenaga kuda dengan suaranya yang seperti pesawat jet. Bernama Union Pacific Gas Turbine, lokomotif penakluk pegunungan tersebut adalah salah satu dari raksasa-raksasa Union Pacific dengan engineering yang luar biasa. (Zhorif)

Source: Alco-GE

Sesuai dengan namanya, lokomotif dengan nama lengkap Union Pacific Gas Turbine-Electric Locomotive ini di tenagai mesin turbin. Mesin yang menggunakan bahan bakar minyak Bunker C ini menggerakan generator untuk memasok tenaga dan listrik ke motor listrik pada axle lokomotif. Karena memakan bahan bakar dalam jumlah yang banyak, lokomotif ini menggunakan tender untuk menyimpan bahan bakar, seperti kereta uap.

Baca juga: DDA40X Centennial, Kereta Api Diesel Terbesar di Dunia

Source: RailPictures.Net (Chris Zygmunt)

Walaupun mengkonsumsi bahan bakar hampir dua kali lebih banyak daripada mesin diesel yang sama kuatnya. Namun minyak Bunker C saat itu lebih murah daripada minyak diesel. Sehingga membuat biaya operasi lokomotif dengan nama singkat Union Pacific GTEL ini tidak terlalu mahal. Union Pacific sebagai satu-satunya operator lokomotif gas turbine ini memiliki 55 unit total.

Source: wearethepractitioners.com

Union Pacific Gas Turbine memiliki sejarah pengoperasian yang sangat sukses. Bahkan di tahun pertamanya, lokomotif tersebut telah mengangkut 10% dari total barang Union Pacific. Lokomotif ini harus berjalan dengan kecepatan tinggi untuk mencapai efisiensi maksimum. Hal tersebut membuatnya tidak efektif di pegunungan.

Baca juga: Union Pacific Big Boy, Kereta Api Uap Terbesar di Dunia

Source: RailPictures.Net (Patrick Phelan)

Union Pacific telah lama mencari dan meriset lokomotif terbesar, terkuat dan tentunya terbaik. Salah satu pencapaiannya adalah Union Pacific GTEL ini. Walaupun harus pensiun tahun 1969 karena kenaikan harga Bunker C yang membuatnya menjadi tidak efisien, lokomotif ini membuka jalan bagi generasi-generasi lokomotif Gas Turbine-Electric baru hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.