4 Dampak Positif Berenang Untuk Kesehatan Mental

oleh -38 views
berenang

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berenang secara teratur memiliki dampak yang sangat positif pada kesehatan mental kita juga. Ini dapat bertindak sebagai obat yang efektif untuk mengobati kecemasan, depresi dan penyakit mental lainnya. (herdi)

Efek langsung berenang pada otak kita mengarah pada beberapa manfaat kesehatan mental, beberapa di antaranya dijelaskan di bawah ini. Anda mungkin belajar sesuatu yang baru!

1. Endorfin dan Serotonin

Segala bentuk olahraga, termasuk berenang, menyebabkan pelepasan endorfin. Endorfin adalah hormon yang diproduksi di kelenjar pituitari sebagai respons terhadap stres atau rasa sakit, seperti analgesik alami. Endorfin ini berinteraksi dengan reseptor di otak kita yang mengurangi persepsi kita tentang rasa sakit.

Seiring dengan serotonin, endorfin membawa rasa bahagia, positif dan kesejahteraan. Penelitian juga telah membuktikan bahwa secara teratur mengalirkan hormon-hormon perasaan baik (alias berolahraga) memiliki manfaat kesehatan mental yang mendalam dan membantu tubuh Anda merespons stres secara lebih baik secara umum.

2. mengalihkan pikiran Anda dari hal-hal

Saat Anda berenang, Anda memiliki banyak hal untuk membuat pikiran Anda tetap sibuk: pola pernapasan Anda, berapa banyak putaran yang telah Anda selesaikan, dan kedekatan Anda dengan perenang lain untuk menghindari tabrakan. Jika Anda berenang secara kompetitif, Anda juga harus melatih teknik pukulan dan kecepatan untuk membuat interval.

3. ilmu “blue mind”

“Blue mind” adalah istilah yang terkait dengan ketenangan dan kedamaian yang berhubungan dengan air. Ilmu ini memberi tahu kita bahwa sebagai manusia, kita secara alami tertarik pada ruang biru. Ini mengarah pada perasaan sehat dan damai ketika kita berada di dalam atau di sekitar badan air.

Penelitian telah menunjukkan bahwa berada di dekat, di, di, atau di bawah air dapat memberikan daftar panjang manfaat bagi pikiran dan tubuh kita, termasuk menurunkan stres dan kecemasan, meningkatkan rasa kesejahteraan dan kebahagiaan secara keseluruhan, detak jantung dan pernapasan yang lebih rendah, dan latihan yang aman dan lebih baik

4. kesehatan mental dan menghilangkan stres

Saat kita berenang, hampir semua indera terlibat: penglihatan, suara, sentuhan, dan penciuman. Ini adalah salah satu gangguan langka dari teknologi.

Selain itu, suasana “tanpa layar” mengurangi stres dan mendorong relaksasi dan kreativitas. Juga, perasaan air yang bergerak di atas tubuh kita menciptakan sensasi seperti pijatan. Singkatnya, berenang membantu kita melepaskan ketegangan yang terpendam dan juga membuat kita lebih memperhatikan lingkungan sekitar kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.