5 Jenis Tanaman Obat Yang Terbukti Manjur Untuk Kesehatan

oleh -44 views
Tanaman Obat

ZETIZEN RADAR CIREBON – Seperti kebiasaan orang Indonesia sebelum melakukan konsultasi dengan dokter biasanya mereka berobat dengan ramuan ala jamu-jamuan yang terbuat dari tanaman obat. Negara Indonesia sendiri memang kaya akan tanaman obat yang bisa ditemukan di sekitar kita. Tanaman obat ini biasanya diramu dan disajikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Berbeda dengan obat resep dokter, tanaman obat mampu mengobati penyakit dengan memberikan sendikit efek samping dan harganya pun bisa dibilang terjangkau. Ini mengapa orang Indonesia lebih memilih tanaman obat sebagai alternatif dalam pengobatan herbal. Berikut adalah 5 tanaman obat yang baik untuk kesehatan, dirangkum dari hellosehat dan sumber lainnya. (sno)

1. Daun Sirih

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN MULUT HINGGA ANTI KANKER | RSUD Andi  Djemma

Sejak zaman dahulu memang daun sirih sudah menjadi tanaman obat yang terbukti manjur khasiatnya dalam hal mengobat berbagai penyakit. Ini bisa terbukti dengan nenek moyang kita sejak dulu terbiasa mengunyah sirih untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka. Hal ini terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, sehingga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

Kandungan dalam daun sirih seperti antioksidan tannin dapat membantu mempercepat respon tubuh untuk membekukan darah dan menyembuhkan luka. Hal ini mengapa banyak orang tua menganjurkan daun siri untuk menghentikan mimisan dan memulihkan luka bakar.

2. Kumis Kucing

14 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan: Dari Mengobati Radang  Sendi hingga Detox - Serambinews.com

Bukan kumis kucing asli ya sob! Kumis kucing tanaman obat yang terkenal dapat mengobati berbagai macam masalah kesehatan, seperti saluran kemih dan luka pada gusi. kandungan antioksidan dan zat anti jamur pada Kumis Kucing ini sangat bermanfaat untuk menangkal zat asing dalam tubuh biar terhindar dari peradangan.

Bahkan dari riset penelitian dalam uji pada tikus lab yang diterbitkan jurnal Ethnoparmhacology melaporkan bahwa daun kumis kucing juga bersifat diuretik yang memicu peningkatan produksi urine. Walaupun kumis kucing memilki khasiat untuk kesehatan namun sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsikan secara berlebihan karena kadar natrium aka diserap oleh Kumis Kucing dalam tubuh

Lihat juga: Kopi Bisa Meredakan Stres Jika Dikonsumsi Secukupnya

3. Mengkudu

12 Manfaat Daun Mengkudu, Di Antaranya Bikin Awet Muda! | Rumah.com

Siapa yang tidak tahu tanaman mengkudu? tanaman yang memiliki bintik-bintik aneh ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk tubuh lho! Tanaman mengkudu banyak tumbuh di Indonesia, maka tidak aneh disetiap perkarangan rumah memilki tanaman tersebut.

Mengkudu memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi yang berperan penting dalam proses pemulihan sel-sel tubuh. Selain itu kandungan lainnya sepertu zat anti-bakteri dengan kemampuan membunuh bakteri yang biasanya menjadi penyebab infeksi. Tanaman ini memang banyak dibudisayakan di Asia Tenggara termasuk Indonesia, bukan hanya buahnya saja, bahkan daun serta bunganya juga bermanfaat untuk tubuh.

4. Lidah Buaya

Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya Halaman all -  Kompas.com

Salah satu tanaman obat terfavorit para kaum hawa yang kerap digunakan sebagai bahan produk kecantikan. Tanaman lidah buaya banyak ditemukan di kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering. Khasiat lidah buaya terbukti ampuh meredakan sakit tenggorokan, menyembuhkan luka bakar, dan lain-lain.

Selain itu, Lidah buaya kerap dijadikan bahan produk kesehatan herbal komersial mulai dari suplemen makanan, pengobatan tradisional, hingga produk kecantikan.

5. Akar Valerian

8 Manfaat & Efek Samping Valerian Essential Oil (Minyak Valerian) »  Pengetahuan Umum Populer

Akar Valerian merupakan tumbuhan asli Inggris yang mana cabang batang di bawah tanah yang dapat dimanfaatkan sebagai obat penenang alami, obat anti-muntah, dan memperkuat sistem atau organ-organ pencernakan. Kandungan Minyak atsiri pada akar valeran memiliki kegunaan untuk menekan seluruh sistem saraf sentral, dan digunakan pula untuk mengobati baik histeria, hipokondriasis dan ketidaktengangan safat, maupun insomnia/penyakit sulit tidur. Sehingga pengguna bisa lebih rileks.

Perlu kamu ketahui kandungan akar valerian ini juga bisa kamu temukan di madu herbal RESTFULL yang 100% bahan herbal alami atasi masalah Insomnia.

Madu RESTFULL Solusi Atas Insomnia, Madu tidur, Madu Deep Sleep | Shopee  Indonesia

Selain akar valerian, kandungan seperti Madu telah lama terbukti manjur dalam mengobati berbagai penyakit dan ekstrak pala (Myristica fragrans) yang dapat memberikan reaksi kantuk serta meringkankan rasa depresi dan kecemasan berkepanjangan.

Madu RESTFULL Solusi Atas Insomnia, Madu tidur, Madu Deep Sleep | Shopee  Indonesia

Dengan mengonsumsi madu RESTFULL tubuh anda akan lebih rileks, peredaran darah lebih lancar dan memberikan rasa kantuk akibat kandungan akar valerian yang aman tanpa efek samping. Ini mengapa madu herbal ini dipercaya sebagai penawar masalah sulit tidur. Terlebih lagi RESTFULL ini juga sudah terdaftar BPOM dan tersertifikasi halal MUI. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengkonsumsinya. Dan jangan lupa harganya aman untuk dompet anda.

Lihat juga: Cokelat Berguna Untuk Meditasi! Cara Meditasi Cokelat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.