Baterai CMOS pada PlayStation 4 telah Diperbaiki Sony

oleh -53 views
CMOS

ZETIZEN RADAR CIREBON – Beberapa waktu lalu, pemilik akun Twitter Does It Play? sempat menemukan suatu masalah dalam konsol PS4. Menurutnya, konsol diprediksi tidak dapat digunakan kembali untuk bermain game apabila suatu saat servernya sudah ditutup. Tentunya, hal tersebut membuat para pengguna konsol PS4 khawatir, terlebih hingga kini konsol masih cukup populer digunakan meskipun dengan rilisnya generasi konsol next-gen terbaru. (mrg)

Untungnya, Sony sepertinya masih mendengar keluhan para pengguna PS4 lantaran beberapa waktu lalu. Sony baru saja memberikan update terbaru khusus untuk konsol PS4. Dalam update tersebut, Sony secara diam-diam menyelipkan pembenahan masalah baterai CMOS yang sudah lama dikhawatirkan oleh para penggunanya. Meskipun memang tidak diinfokan secara jelas melalui change log, pembenahan ini dikonfirmasi melalui channel YouTube Modern Vintage Gaming.

Baca juga : PUBG Mobile Kembali Collab dengan Alan Walker

Masalah ini pertama kali mengemuka pada bulan April lalu yang membuktikan bahwa apabila suatu saat server PlayStation Network untuk PS4 sudah ditutup. Maka pengguna tidak lagi dapat memainkan game baik digital maupun fisik. Hal tersebut kemudian dijelaskan kembali lebih lanjut oleh seorang modder bernama Lance MacDonald melalui Twitter yang menyatakan bahwa masalah disebabkan oleh baterai CMOS.

Fungsi Baterai CMOS

Baterai CMOS dalam PS4 digunakan untuk mengatur jam internal pada sistem konsol. Selain itu, tanpa baterai CMOS, game digital maupun fisik tidak dapat dijalankan untuk mencegah pemain memanipulasi waktu perolehan Trophy.

Namun, sama seperti baterai pada umumnya, daya baterai CMOS suatu saat juga akan habis dan perlu diganti. Setiap kali diganti, nantinya baterai akan mengakses PlayStation Network untuk sinkronisasi jam. Sehingga hal tersebut membuat para pengguna konsol khawatir apabila suatu saat server PSN di PS4 sudah mencapai akhir usia yang otomatis membuat game tidak dapat dimainkan kembali.

Saat ini, Sony belum memberikan klarifikasinya mengenai pembenahan ini. Yang jelas, sepertinya saat ini pengguna PS4 sudah bisa tenang dan tak perlu lagi khawatir apabila suatu saat Sony mengakhiri masa lifetime dari konsol PS4.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.