Ini 5 Jenis Sambal dari Berbagai Negara, Sudah Tahu?

oleh -88 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Apakah kamu salah satu orang yang suka makan makanan pedas? Sambal adalah makanan pelengkap yang memiliki cita rasa yang pedas sehingga menjadi penyedap rasa alami dan dikonsumsi dengan cara berbagai jenis makanan. Tahukah kamu ternyata di negara-negara di dunia pun memiliki beraneka ragam jenis sambal yang tidak kalah pedas dari Indonesia lho. Yuk mari kita bahas jenis sambal dari berbagai negara. (tika)

1. Chili oil, Tiongkok

Mungkin pencinta pedas pasti tidak asing dengan sambal yang satu ini. Chili oil adalah salah satu jenis sambal favorit di Tiongkok. Chili oil terbuat dari minyak sayur dan berbagai macam cabe kering seperti Chinese red pepper dan merica Sichuan. Namun, kamu juga bisa menambahkan rempah sesuai selera. Biasanya chili oil di hidangkan pada makanan menu hot pot, mie, tumisan dan salad.

2. Gochujang, Korea

Selanjutnya ada sambal khas Korea bernama gochujang. Gochujang ini terbuat dari cabai, ketan, tauco, zat pemanis dan garam yang memiliki bentuk yang kental seperti pasta dan memiliki rasa yang pedas, manis dan asam. Biasanya gochujang seringkali di hidangkan sebagai kondimen. Kamu bisa mencicipinya ketika memesan menu bibimbap, korea barbeque dan masakan lainnya.

3. Sriracha, Thailand

Lanjutnya ada sambal sriracha berasal dari Thailand yang terbuat dari cabai, gula, garam dan cuka. Rasa dari sriracha tidak lebih pedas dari cabai jalapeno namun memiliki konsistensi yang lebih daripada rooster saus. Biasanya di Asia Tenggara sriracha seringkali di sajikan sebagai saus cocolan untuk hidangan seafood atau sebagai topping untuk pho atau spring roll.

4. Sambal hitam, Malaysia

Malaysia juga memiliki sambal yang unik lho, yang bernama sambal hitam. Sambal ini berasal dari pahang memiliki warna hitam yang terbuat dari tumisan ikan bilis dengan cabai, bawang putih, bawang merah dan belimbing wuluh yang halus. Maka dari itu sambal hitam ini menjadi salah satu maka pelengkap yang favorit dari banyak orang ketika acara tertentu.

5. Salsa, Meksiko

Ada juga sambal yang populer di Meksiko yang bernama Salsa. Salsa terbuat dari campuran tomat merah, bawang merah bawang bombay, alpukat serta paprika yang sudah dipotong kecil-kecil. Kemudian disiram dengan cuka dan merica hitam. Biasanya hidangan salsa ini bersama dengan kuliner khas Meksiko lainnya yaitu tacos, nacos  dan burritos.

Nah, itulah jenis sambal dari berbagai negara yang wajib untuk kamu coba. Jadi mana yang penasaran ingin kamu cicipi?

Baca juga:

Ini Lho 5 Pohon Terbesar di Dunia!

Museum Terunik di Dunia, Pernah Kesini?

Mengenal Diet Ketogenik, Sudah Tahu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *