Ini Alasan Kenapa Sangat Sulit Berhenti dari Kecanduan

oleh -66 views
kecanduan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anda telah menyadari bahwa Anda memiliki masalah dan bahwa perilaku adiktif Anda mempengaruhi bagian lain dari hidup Anda. Sekarang Anda ingin tahu cara menghentikan kecanduan Anda. Kemungkinan Anda tidak berharap untuk menjadi candu ketika Anda mulai. Anda mungkin mengira Anda hanya bersenang-senang dan bisa berhenti kapan saja. (herdi)

Mengapa Berhenti Kecanduan Begitu Sulit?

Karena candu menyebabkan perubahan di otak, Anda mungkin mengalami gejala seperti impulsif dan mengidam. Gejala-gejala ini dapat membuat berhenti menjadi lebih sulit, tetapi memilih opsi perawatan yang efektif dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk berhasil.

Memahami Toleransi

Toleransi dan penarikan adalah faktor kunci yang berkontribusi terhadap kecanduan. Jika orang tidak mengembangkan toleransi atau mengalami penarikan diri, mereka mungkin akan merasa jauh lebih mudah untuk berhenti.

Toleransi adalah proses fisik dan psikologis. Semakin sering perilaku itu diulang, semakin sedikit kepekaan yang Anda miliki terhadapnya, dan semakin Anda perlu untuk mendapatkan efek yang sama. Obat-obatan, seperti alkohol dan opiat, bekerja pada bagian otak tertentu, menciptakan toleransi fisik.

Gejala Psikologis Kecanduan

Selain gejala fisik penarikan yang tidak menyenangkan, Anda mungkin juga mengalami gejala psikologis. Ini mungkin termasuk:

  • Kecemasan
  • Keinginan
  • Depresi
  • Sifat lekas marah
  • Perubahan suasana hati
  • Kesulitan tidur

Sama seperti Anda harus mendiskusikan gejala penarikan fisik dengan dokter Anda, pastikan juga untuk mendiskusikan gejala mental dan emosional.

Tantangan Saat Berhenti

Ketika perilaku adiktif Anda sampai pada titik menciptakan konflik, itu tidak seimbang dengan bagian lain dari hidup Anda. Bahkan setelah membuat komitmen untuk berhenti dan melalui fase penarikan, konflik ini tidak hilang begitu saja.

Sudah umum bagi orang-orang dengan kecanduan bergantung pada candunya mereka untuk mengatasi stres. Ketika Anda berhenti, Anda kehilangan coping mechanism itu. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk memiliki cara-cara lain untuk mengatasi yang mapan, idealnya sebelum berhenti. Dukungan hubungan dapat membantu Anda menghadapi dan menghindari konflik tanpa menggunakan perilaku adiktif Anda untuk kenyamanan dan pelarian.

Cara Mengatasi Kecanduan

Mengatasi kecanduan adalah proses yang membutuhkan pengambilan keputusan untuk berhenti, merencanakan bagaimana Anda akan berhenti, menangani efek penarikan, dan menghindari kekambuhan.

Beberapa strategi lain untuk berhenti dari kecanduan meliputi:

  • Bersiaplah untuk berhenti: Sebelum Anda berhenti, pikirkan tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk menghentikan kecanduan Anda.
  • Pertimbangkan obat untuk mengobati kecanduan: Jika Anda memiliki kecanduan alkohol atau obat-obatan, ada obat yang dapat membantu Anda berhenti dengan aman dan berhasil.
  • Pertimbangkan lingkungan Anda: Singkirkan apa pun yang mungkin mengingatkan Anda tentang candu Anda atau memicu keinginan.
  • Temukan gangguan: Tetap sibuk dapat menjadi cara yang bermanfaat untuk mengalihkan diri Anda dari keinginan dan godaan untuk kambuh. Rencanakan apa yang dapat Anda lakukan ketika keinginan muncul.
  • Dapatkan dukungan: Bicaralah dengan orang-orang yang dekat dengan Anda tentang rencana Anda dan mintalah dukungan mereka. Mengetahui bahwa ada orang-orang di sudut Anda yang bersedia membantu Anda mengatasi tantangan , Anda merasa lebih terdorong ketika Anda menghadapi kesulitan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.