Ini Lho 5 Pohon Terbesar di Dunia!

oleh -88 views
source: pinterest

ZETIZEN RADAR CIREBON – Perlu kamu ketahui pohon memiliki peran yang penting untuk menjaga kelestarian alam dan sebagai penopang kehidupan di bumi. Pohon berfungsi untuk membersihkan udara, menyediakan air bersih,cmengurangi pencemaran udara dan mengendalikan suhu dan kelembaban. Bukan hanya itu, pohon juga dapat mengendalikan banjir dan bencana alam serta menambah nilai keindahan suatu lingkungan. Setiap pohon memiliki berbagai ukuran bentuk dan warna yang berbeda-beda. Namun, tahukah kamu ada pohon terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui. Yuk mari kita simak! (tika)

1. Dragon blood

Pohon dragon Blood adalah pohon yang berbentuk menyerupai payung dan hanya dapat tumbuh di Pulau Socotra, Yaman. Pohon ini memiliki tinggi sekitar 10 meter dan memiliki nama ilmiah dracaena cinnabari. Tahukah kamu, pohon ini memiliki getah atau berwarna merah gelap seperti darah saat pohonnya ditebang, makanya bernama Dragon Blood. Nah, resin atau getah berwarna merah gelap darah ini bermanfaat sebagai obat tradisional dan pewarna alami.

2. Baobab

Selanjutnya ada pohon baobab yang tumbuh hingga 30 meter dan lebar 10 meter dengan keliling sekitar 50 meter. Batang pohon baobab ini sangat lebar yang dapat menyimpan air setara dengan 32.000 galon air. Cadangan air ini dapat berfungsi untuk mencegah kekeringan dan mempertahankan posisinya agar tetap tegak. Pohon baobab terdapat di Australia, Afrika dan Madagaskar yang bisa hidup hingga ribuan tahun.

3. Giant Sequoia

Pohon Giant sequoia memiliki nama Latin gigantium. Pohon ini terletak di California Sequoia National Park yang memiliki volume sekitar 1487 m³ dengan ukuran lebih dari setengah volume kolam renang Olimpiade yang biasanya berukuran 2506 m³. Selain itu, pohon ini terkenal dengan sebutan General Sherman yang memiliki tinggi sekitar 95,7 m dan berusia sekitar 2000 tahun.

4. Coast redwood

Selanjutnya ada pohon coast redwood, yang memiliki volume mencapai 1084,5 m³. Selain menjadi jenis pohon tertinggi di dunia, rekor tertinggi dari pohon ini mencapai 115,92 meter yang dinamai hyperion dan hidup di Taman Nasional Redwood California. Pohon ini dapat hidup lebih dari 1200 hingga 1800 tahun. Serta jenis pohon ini adalah jenis pohon endemik dari Amerika Utara yang tersebar di negara bagian California.

5. Kauri

Pohon Kauri yang bernama latin Agathis australis, yang memiliki ukuran volume batang 518 m³. Pohon ini dapat tumbuh hingga tinggi lebih dari 50 meter. Jenis pohon terbesar ketiga tersebut, memiliki nama tane mahuta yang berhabitat di hutan Waipoua, Selandia Baru bagian utara. Usia pohon ini bisa hidup antara 1500 hingga 2500 tahun yang memiliki habitat asli di Selandia Baru.

Nah, itulah jenis pohon terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui.

Baca juga:

Rekomendasi Skincare Mengandung Marula Oil

Jenis-Jenis Teh yang Ada di Indonesia (Bagian 1)

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.