Inilah Kenapa Perbandingan Perasaan Tidak Bermanfaat

oleh -116 views
depresi

ZETIZEN RADAR CIREBON – Perbandingan sering kali alami dan, dalam beberapa kasus, bahkan dapat membantu. Mereka dapat berfungsi sebagai cara untuk mengukur kemajuan kita atau menentukan apa yang mungkin sesuai dalam situasi tertentu. (herdi)

Dalam kasus lain, perbandingan dapat menghambat pertumbuhan, mencegah belas kasihan pada diri sendiri, dan bahkan membuat lebih sulit untuk berempati dengan orang lain. Beberapa cara yang membandingkan perasaan mungkin berbahaya tercantum di bawah ini.

Orang Mengalami Hal Berbeda

Setiap individu memiliki sumber daya dan pengalaman berbeda yang berperan dalam bagaimana mereka dipengaruhi oleh emosi yang berbeda. Sama seperti tidak semua orang merasakan kegembiraan dengan cara yang sama, tidak semua orang merasakan sakit dengan cara yang sama. Tidak ada hierarki emosi yang mengatakan bahwa perasaan seseorang lebih baik atau lebih buruk, lebih kuat atau lebih lemah daripada perasaan orang lain.

Misalnya, jika Anda mengalami kehilangan yang menyakitkan secara emosional, Anda mungkin tergoda untuk membandingkan apa yang Anda rasakan dengan orang lain yang telah melalui sesuatu yang tampaknya secara objektif lebih buruk.

Perbandingan Sering Menyebabkan Minimisasi

  • Fokus membandingkan emosi Anda sering kali untuk meminimalkan apa yang Anda rasakan atau apa yang mereka rasakan.
  • Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak berhak untuk marah tentang sesuatu karena orang lain sedang mengalami sesuatu yang lebih buruk.
  • Anda mungkin merasa tidak berhak merasa kesepian karena memiliki lebih banyak teman dan keluarga daripada orang lain.

Ini adalah bentuk positif beracun, di mana orang merasa bahwa mereka harus menyembunyikan atau menolak perasaan negatif apa pun untuk fokus pada rasa optimisme yang salah.

Itu Membuat Anda Tidak Menghadapi Perasaan Anda

Bahkan jika situasi orang lain secara objektif “lebih buruk” daripada Anda, itu tidak berarti bahwa Anda tidak mengalami emosi yang sangat nyata dan valid. Anda di perbolehkan untuk merasa kesal ketika seseorang menyakiti Anda atau kecewa ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang Anda inginkan.

Perasaan negatif dapat meningkatkan stres ketika tidak di tangani dengan benar. Tetapi bahkan emosi yang sulit dapat menjadi sumber informasi yang penting. Mereka dapat memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang perlu di ubah dan membantu memotivasi Anda untuk membuat perubahan positif dalam hidup Anda.

Ketika Perbandingan Mungkin Bermanfaat

Kenyataannya adalah bahwa beberapa tingkat perbandingan tidak bisa di hindari. Orang-orang hanya tertarik untuk memperhatikan apa yang di alami orang lain dan kemudian mempertimbangkan bagaimana hal itu di bandingkan dengan situasi mereka sendiri. Dan dalam beberapa kasus, sebenarnya dapat memberikan efek positif, antara lain:

  • Perbandingan dapat membantu Anda merasa bersyukur atas hidup Anda sendiri.
  • Ini dapat membantu Anda mempertimbangkan pilihan dan memikirkan apa yang Anda inginkan.
  • Dapat mengarah pada pembelajaran observasional di mana Anda memperoleh pengetahuan tanpa benar-benar harus melalui pengalaman itu sendiri.
  • Ini dapat membantu Anda melihat apa yang perlu Anda lakukan untuk mencapai apa yang Anda inginkan dalam hidup.
  • Dapat membantu Anda merasa lebih berbelas kasih kepada orang lain, yang dapat membantu memaksa Anda untuk secara sukarela membantu.

Penting untuk diingat, bagaimanapun, bahwa meminimalkan rasa sakit Anda bukanlah bagian dari rasa syukur. Anda bisa bersyukur atas hal-hal baik dalam hidup Anda dan masih merasa kecewa, sedih, atau kesal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.