Macam-Macam Introvert Dalam Kehidupan Sosial

oleh -114 views
anti social

ZETIZEN RADAR CIREBON – Introvert sering menjadi anggota kelompok sosial yang disalahpahami. Ada suasana kecurigaan yang mengelilingi mereka karena sifat pendiam mereka. Ini dapat di lihat sebagai ketidakmampuan untuk berkomunikasi, canggung secara sosial atau bahkan kurang percaya diri. Tapi ada kebahagiaan yang besar untuk dimiliki menjadi seorang introvert. (herdi)

Baca Juga : Doom Eternal akan Hadirkan Mode Horde di Update Terbarunya

Dan terlebih lagi, ada lebih banyak subtipe introversi daripada yang Anda bayangkan. Introvert bukan hanya orang yang pendiam di meja makan. Ada empat tipe kepribadian yang berbeda. Jika Anda pernah mempertanyakan diri sendiri dan mengapa Anda beroperasi secara berbeda dengan orang lain, arketipe ini bisa sangat membantu untuk memvalidasi karakter Anda.

Social Introvert

Tipe introvert klasik yang kita semua tahu. Seorang introvert sosial adalah seseorang yang pasti lebih suka menghabiskan waktu sendirian. Mereka akan pergi keluar dari jalan mereka untuk memastikan bahwa mereka memiliki jumlah waktu untuk diri mereka sendiri yang mereka butuhkan. Tetapi jika mereka bersosialisasi, itu hanya dengan sekelompok teman yang sangat dekat.

Alasan seorang introvert sosial memilih untuk hidup dengan cara ini adalah mereka benar-benar menikmati kebersamaan mereka sendiri dan merasa terkuras secara emosional jika mereka menghabiskan waktu terlalu lama di hadapan orang lain.

Ini tidak sama dengan rasa malu atau kecemasan. Introversi sosial adalah preferensi, yang sering disalahartikan sebagai rasa menyendiri atau acuh tak acuh.

Introspektif Introvert

Tipe introspektif adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu di kepala mereka. Anda juga bisa menganggapnya sebagai bentuk introversi intelektual. Orang ini suka memikirkan semua yang mereka lihat dan dengar. Mereka memiliki dunia batin yang kaya dan kompleks, yang tidak mengejutkan mengingat di situlah mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Tapi ini jauh dari hal negatif.

Tipe introspektif sangat reflektif diri. Mereka mahir menganalisis dinamika sosial dan sangat sadar diri akan efek kehadiran mereka pada situasi tertentu. Beberapa orang mengklaim bahwa tipe introspektif hilang dalam dunia fantasi mereka sendiri, ketika, pada kenyataannya, mereka terlibat dalam pemikiran kritis yang mendalam.

Anxiety Introvert

Introvert yang cemas adalah seseorang yang memiliki perjuangan yang tulus untuk berinteraksi dengan orang-orang di mana ia dapat berbatasan dengan kecemasan sosial. Tindakan individu ini dipusatkan di sekitar ketidakmampuan mereka untuk berfungsi dalam pertemuan besar orang.

Mereka akan sering menolak undangan ke acara, bukan karena mereka lebih memilih perusahaan mereka sendiri, tetapi karena mereka terlalu sadar akan tingkat kecemasan yang tinggi yang akan di ciptakan oleh orang lain untuk mereka. Tipe introvert ini sering menemukan diri mereka terjebak dalam lingkaran.

Mereka akan membayangkan pengalaman masa depan mereka berdasarkan interaksi mereka sebelumnya, mengakar mereka dalam pola pikir harga diri yang rendah. Terapi Perilaku Kognitif bisa sangat membantu untuk mematahkan pola pikir negatif ini.

Restrained Introvert

Jenis terkendali sedikit kurang di kenal tetapi sebenarnya cukup umum jika Anda memperhatikan. Ini menggambarkan seseorang yang menahan diri dan membutuhkan sedikit waktu untuk “pemanasan” kepada orang-orang sebelum benar-benar menempatkan diri di luar sana. Orang-orang ini tidak takut dengan interaksi sosial, justru sebaliknya.

Sebagian besar dari mereka senang bertemu orang baru, tetapi mereka biasanya sangat selektif tentang siapa yang mereka buka, memilih untuk menyisihkan sebagian besar dari diri mereka untuk mereka yang telah mendapatkan kepercayaan mereka. Ini bisa membuat seorang introvert yang terkendali tampak misterius.

Tapi mereka hanya mengambil kursi belakang dan mengamati sebelum mereka mengambil tindakan. Mereka selalu berpikir sebelum berbicara, dan begitu Anda mendapatkan kepercayaan mereka, Anda telah mendapatkannya untuk waktu yang lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.