Macam-Macam Manajemen Diri yang Wajib Diketahui

oleh -250 views
manajemen diri

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dalam konteks Kecerdasan Emosional, manajemen diri mengacu pada metode, keterampilan. Dan strategi di mana individu dapat secara efektif mengelola tubuh, pikiran, perasaan, dan perilaku mereka dengan cara yang konsisten dengan pencapaian tujuan mereka. (herdi)

MANAJEMEN TUBUH ANDA

Manajemen diri di mulai dengan tubuh Anda. Tubuh manusia sangat rumit dan beberapa proses yang memastikan kehidupan berjalan secara otomatis. Yang perlu kita lakukan adalah menjauh, menyediakan kondisi optimal sehingga proses otonom ini dapat melakukan apa yang dirancang untuk mereka lakukan.

Terlepas dari kemampuan tubuh kita untuk melakukan manajemen diri secara auto-pilot, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan cara tubuh kita berinteraksi dengan emosi kita. Kita perlu memberikan perhatian khusus pada nutrisi yang baik, aktivitas fisik, dan kebiasaan tidur yang baik. Karena ini memiliki dampak terbesar pada kesehatan kita.

MANAJEMEN PIKIRAN ANDA

Emosi biasanya di gerakkan dari keyakinan dan sebagai hasilnya, pikiran kita memiliki pengaruh yang kuat pada apa yang kita rasakan. Mengelola pikiran adalah tentang mengelola kuantitas dan kualitasnya. Ketika kita berpikir terlalu banyak atau memiliki pikiran yang mengalir di pikiran kita tanpa henti. Kita cenderung menghasilkan emosi dan kondisi pikiran negatif, seperti kecemasan, kebingungan, dan ketidakmampuan untuk fokus.

Hal ini dapat menyebabkan sulit tidur dan ketegangan otot. Salah satu cara untuk memperlambat pikiran kita adalah dengan melatih manajemen diri dan mempraktikkan beberapa bentuk meditasi atau relaksasi.

Cara lain adalah memfokuskan pikiran kita pada aktivitas yang menarik perhatian Anda, seperti membaca buku, menonton film, atau mendengarkan musik. Mengelola kualitas pikiran kita sedikit lebih sulit daripada manajemen diri secara fisik, tetapi dengan latihan, Anda akan sampai di sana.

MANAJEMEN PERASAAN ANDA

Cara terbaik untuk mengelola perasaan kita adalah dengan mengelola pikiran yang memicu perasaan tersebut. Begitu emosi di picu, kemarahan, kecemburuan, atau ketakutan. Mereka dapat membentuk perilaku kita dengan cara yang sulit di prediksi dan di kendalikan.

Salah satu keterampilan manajemen diri yang paling berguna untuk mengendalikan emosi termasuk pernapasan dalam, relaksasi, visualisasi, doa, meditasi, dan olahraga berat. Tidak ada cara untuk mengetahui dengan pasti mana yang paling cocok untuk Anda. Anda perlu bereksperimen dengan semua strategi ini untuk menemukan mana yang terbaik untuk Anda.

Strategi manajemen diri emosi yang baik lainnya adalah menghindari situasi yang cenderung memicu emosi yang tidak menyenangkan atau mengganggu. Dan mencari situasi yang memicu emosi yang menyenangkan dan positif.

MANAJEMEN PERILAKU ANDA

Perilaku terjadi karena suatu alasan. Ketika kita melakukan sesuatu hampir selalu untuk suatu tujuan atau untuk mencapai suatu tujuan. Untuk melatih keterampilan manajemen diri, kita perlu memahami motivasi atau niat di balik tindakan kita setidaknya kita perlu melakukan ini untuk perilaku yang kontraproduktif atau berbahaya.

Ini berarti bahwa manajemen diri menuntut pemahaman tentang perasaan dan pikiran yang mendorong perilaku kita. Fakta yang membawa kita kembali ke apa yang kita katakan sebelumnya tentang mengelola pikiran dan perasaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.