Manfaat dan Cara Melakukan Teknik Box Breathing

oleh -103 views
box breathing

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meskipun namanya agak eksotis, box breathing adalah jenis latihan manajemen stres yang sangat sederhana dan bahkan akrab. Jika Anda pernah menghirup dan mengembuskan napas mengikuti irama saat berlari atau mendengarkan musik, Anda telah mengambil langkah pertama. (herdi)

Box breathing adalah jenis pernapasan serba cepat yang mengikuti ritme tertentu, dan ini dapat membantu Anda meminimalkan stres.

Cara Kerja Box Breathing

Box breathing, juga dikenal sebagai pernapasan empat persegi, melibatkan menghembuskan napas ke empat hitungan, menahan paru-paru Anda kosong selama empat hitungan, menghirup dengan kecepatan yang sama, dan menahan udara di paru-paru Anda selama empat hitungan sebelum menghembuskan napas dan mulai polanya lagi.

Teknik lainnya

Box breathing tidak membawa manfaat fisik dari olahraga atau manfaat mental dan ketahanan jangka panjang dari meditasi, tetapi pasti memiliki tempatnya sebagai teknik manajemen stres. Untuk satu hal, itu sangat sederhana untuk dipelajari dan dipraktikkan.

Anda dapat mencobanya di mana saja ketika Anda terlalu terganggu atau berolahraga dengan sangat keras sehingga Anda tidak dapat membicarakannya.

Selain itu, Anda dapat berlatih box breathing hanya selama satu atau dua menit dan merasakan manfaat langsung dari tubuh yang tenang dan pikiran yang lebih rileks, atau Anda dapat berlatih selama beberapa menit dan mengalaminya ditambah manfaat meditasi jangka panjang.

Menurut Penelitian

Sayangnya, tidak banyak penelitian khusus tentang teknik ini, karena ini adalah teknik yang relatif baru. Namun, ada sedikit penelitian tentang latihan pernapasan secara umum, dan juga tentang pernapasan cepat , yang merupakan kategori latihan pernapasan yang paling sesuai.

Berikut adalah beberapa temuan studi yang dapat mendukung kemungkinan manfaat dari box breathing:

  • Penelitian tentang pernapasan dalam menunjukkan bahwa itu berguna tidak hanya untuk manajemen stres tetapi juga untuk mengurangi tekanan darah dan juga meminimalkan hipertensi.
  • Studi telah menemukan bahwa praktik sederhana seperti latihan pernapasan efektif dalam mengurangi stres dalam situasi sehari-hari seperti pengalaman kecemasan ujian, terkadang hingga tingkat yang lebih tinggi daripada teknik manajemen stres yang lebih kompleks.
  • Studi tentang meditasi transendental dan pengurangan stres berbasis kesadaran bentuk lain dari meditasi telah menemukan bahwa meditasi. Dapat menyebabkan penurunan stres dan kecemasan, menurunkan tekanan darah, perasaan bahagia yang lebih besar, dan perasaan yang berkurang. dari depresi.

Cara Berlatih Box Breathing

Box breathing sangat sederhana untuk dipraktikkan. Cukup rilekskan tubuh Anda dan lakukan hal berikut:

  • Keluarkan semua udara di paru-paru Anda hingga hitungan keempat.
  • Biarkan paru-paru Anda kosong selama empat hitungan.
  • Tarik napas selama empat hitungan.
  • Jaga agar paru-paru Anda tetap penuh selama empat hitungan.

Anda dapat memvariasikan ini dalam beberapa cara berbeda. Anda dapat mengundang pengulangan penegasan dalam diam dengan menyelaraskannya dengan napas Anda daripada menghitung sampai empat. “Mississippi,” atau sesuatu dengan empat suku kata dapat bekerja dengan baik— “Saya merasa sangat tenang,” “Saya di sini sekarang,” atau bahkan hanya “O-o-m-m,” membentang hingga empat hitungan bisa berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.