Memiliki Harga Diri (Self Esteem) Rendah? Ini Resikonya

oleh -171 views
harga diri rendah

ZETIZEN RADAR CIREBON – Memiliki harga diri atau Self Esteem yang sehat dapat memengaruhi motivasi, kesejahteraan mental, dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Namun, memiliki self esteem yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menjadi masalah. Pemahaman yang lebih baik tentang tingkat self esteem Anda yang unik dapat membantu Anda mencapai keseimbangan yang tepat untuk Anda. (herdi)

Dalam psikologi, istilah self esteem di gunakan untuk menggambarkan perasaan subjektif seseorang secara keseluruhan tentang nilai atau nilai pribadi.

Dengan kata lain, self esteem dapat di definisikan sebagai seberapa besar Anda menghargai dan menyukai diri sendiri terlepas dari keadaannya. Harga diri Anda ditentukan oleh banyak faktor termasuk:

  • Percaya diri
  • Perasaan aman
  • Identitas
  • Rasa memiliki
  • Perasaan kompetensi

Istilah lain yang sering digunakan secara bergantian dengan harga diri.

Risiko Harga Diri Rendah

Seperti banyak elemen kesehatan mental, peneliti sering menggambarkan harga diri sebagai yang ada pada spektrum. Seperti apa pun dalam hidup, citra diri Anda cenderung berubah dan tumbuh saat Anda dewasa dan menjalani hidup Anda, dan sebagai respons terhadap peristiwa-peristiwa penting dalam hidup.

Namun, juga benar bahwa orang cenderung menuju titik setel harga diri tertentu yang dapat bertahan lama, baik tinggi, rendah, atau di antara keduanya. Interaksi sosial, perhatian, regulasi emosional, pengambilan keputusan, dan kepuasan hidup semuanya di pengaruhi oleh citra diri yang lebih rendah.

Reaktivitas

Seperti di sebutkan di atas, ketika Anda memiliki harga diri yang tinggi, Anda akan lebih mampu menyingkirkan kejadian yang tidak menyenangkan dan penilaian negatif atau suasana hati orang lain yang mungkin mengarah pada Anda.

Sebaliknya, ketika Anda memiliki konsep diri yang lebih rendah, Anda cenderung menerima kritik atau penolakan secara pribadi dan menganggap masalah orang lain adalah tentang Anda.

Merasa Turun vs. Harga Diri yang Buruk

Pada dasarnya, harga diri yang rendah tidak hanya memiliki suasana hati yang buruk atau hari yang buruk. Semua orang merasa sedih ketika hal-hal negatif terjadi tetapi perasaan ini biasanya berlalu dan, terutama bagi mereka yang memiliki self esteem positif, tidak berdampak drastis pada self esteem.

Sebaliknya, harga diri rendah adalah citra diri negatif kronis yang, meskipun mungkin surut dan mengalir dengan peristiwa positif dan negatif dalam hidup Anda, sebagian besar tetap bersama Anda dari waktu ke waktu, terlepas dari keadaan hidup.

Kerentanan terhadap Depresi

Hubungan antara harga diri rendah dan kondisi kesehatan mental sangat kuat. Menariknya, penelitian menunjukkan secara meyakinkan bahwa self esteem yang buruk berkontribusi terhadap depresi, bukan sebaliknya. Ini berarti bahwa depresi tidak menciptakan harga diri yang rendah. Sebaliknya, berpikir buruk tentang diri sendiri membuat Anda lebih rentan terhadap depresi.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa harga diri yang lebih tinggi menawarkan perlindungan dari kondisi kesehatan mental, kemungkinan karena peningkatan keterampilan mengatasi, kepositifan yang lebih tinggi, dan ketahanan yang datang dengan self-talk yang lebih menerima dan afirmatif ini.

Percaya Diri Rendah

Penelitian juga menemukan korelasi yang jelas antara kepercayaan diri yang rendah dan harga diri yang rendah, serta sebaliknya. Selain itu, memiliki kepercayaan diri yang tinggi mendorong kemandirian, advokasi diri, dan kepercayaan pada diri sendiri dan kemampuan Anda, semua faktor yang meningkatkan self esteem yang tinggi dan menciptakan kerangka kerja untuk kesehatan mental dan kualitas hidup yang positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.