Merasa Tidak Berharga? Coba Lakukan Hal Berikut

oleh -153 views
tidak berharga

ZETIZEN RADAR CIREBON – Merasa tidak berharga sering kali melibatkan perasaan putus asa dan tidak berarti. Perasaan seperti itu sering merupakan gejala umum dari depresi, tetapi juga dapat muncul karena hal-hal seperti harga diri yang rendah, pengabaian, pelecehan, trauma, atau situasi sulit yang mengancam perasaan diri seseorang. (herdi)

Merasa tidak berharga dapat menciptakan tekanan yang signifikan dan membuatnya sulit untuk berfungsi secara normal dalam kehidupan sehari-hari.

Anda mungkin merasa sulit untuk merasa termotivasi untuk mengejar tujuan Anda ketika Anda merasa bahwa tidak ada yang Anda lakukan adalah benar atau bahwa tidak ada upaya Anda akan membuat perbedaan. Karena itu. Penting untuk menemukan cara untuk mengelola perasaan sulit ini dan mencari bantuan saat dibutuhkan.

yang Dapat Di Lakukan Saat Merasa Tidak Berharga

Jika Anda mengalami perasaan tidak berharga, ada langkah-langkah kecil yang dapat ditindaklanjuti yang dapat membantu Anda mulai merasa lebih baik. Berikut adalah beberapa ide yang dapat membantu.

Bicaralah dengan Baik pada Diri Sendiri

Orang yang merasa tidak berharga sering kali terlibat dalam pemikiran negatif dan self-talk. Ini mungkin menantang pada awalnya, tetapi fokuslah untuk memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan.

Ketika Anda melihat self-talk negatif, cari cara agar Anda dapat membingkai ulang pikiran-pikiran itu dengan cara yang lebih positif atau realistis. Alih-alih berpikir “Saya tidak akan pernah bisa melakukannya,” misalnya, Anda bisa mengatakan, “Saya bisa melakukan hal-hal kecil setiap hari untuk meningkatkan diri.”

Perhatikan Saat Ketidakberdayaan Menyerang

Terkadang perasaan negatif ini muncul sebagai respons terhadap situasi, pikiran, pengalaman, atau bahkan orang tertentu. Mulailah memperhatikan ketika perasaan ini muncul, apa yang terjadi ketika itu terjadi, dan jenis pemikiran apa yang mungkin berkontribusi. Ini adalah salah satu cara untuk membantu memerangi perenungan negatif yang mungkin memicu perasaan tidak mampu.

Buatlah Jurnal Syukur

Ketidakberdayaan dapat merayap masuk ketika Anda mendapati diri Anda membandingkan hidup Anda sendiri secara tidak menguntungkan dengan kehidupan orang lain.

Daripada jatuh ke dalam perangkap hanya melihat kekurangan Anda, pertimbangkan untuk membuat jurnal rasa syukur di mana Anda meluangkan sedikit waktu setiap hari untuk memikirkan hal-hal yang Anda syukuri. Memfokuskan kembali pikiran Anda dengan cara ini dapat membantu melindungi Anda dari efek negatif perbandingan dan kecemburuan.

Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Terkadang ketika Anda merasa tidak berharga, memfokuskan perhatian Anda pada sesuatu selain diri Anda sendiri dapat membantu. Penelitian telah menunjukkan bahwa terlibat dalam kegiatan prososial seperti menjadi sukarelawan untuk komunitas Anda.

Atau membantu orang lain yang membutuhkan dapat memiliki efek positif pada kebahagiaan dan kesejahteraan seseorang. Membantu orang lain juga dapat membantu Anda merasakan koneksi dan tujuan yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.