,

Monza, Sirkuit Dengan Berbagai Kemenangan yang Luar Biasa

oleh -141 views
Source: Motors Inside

ZETIZEN RADAR CIREBON – Italian Grand Prix tahun ini di menangkan oleh duo Mclaren Daniel Ricciardo dan Lando Norris, bersama dengan Valtteri Bottas dari Mercedes. Kemenangan yang menakjubkan ini bukanlah satu-satunya yang terjadi di Monza. Karena sepanjang sejarah Formula 1, kemenangan yang spesial sering terjadi di sirkuit Italia yang bersejarah ini. (Zhorif)

Source: Getty Images

Monza adalah sirkuit permanen tertua kedua yang di gunakan saat ini dalam Formula 1. Sirkuit ini adalah tuan rumah dari Italian Grand Prix sejak 1950, kecuali tahun 1980. Sirkuit yang di bangun pada tahun 1922 ini memiliki lintasan lurus yang sangat panjang. Namun di putuskan oleh chicane dan tikungan lambat, membuat Monza menjadi salah satu sirkuit dengan rata-rata kecepatan tercepat.

Source: Pirelli 2021

Mayoritas mobil Formula 1 melaju dengan kecepatan penuh selama 80% di sepanjang sirkuit ini. Sehingga membutuhkan pengaturan dan konfigurasi mobil yang berbeda jika di bandingkan dengan sirkuit lainnya. Suatu mobil harus melaju dengan downforce minimal. Namun juga aerodinamis yang seimbang dan suspensi yang stabil dan kuat agar dapat melintasi suatu kerb tanpa masalah.

Source: Charniaux / XPB Images

Monza telah menjadi saksi dari banyak balapan dan kemenangan yang luar biasa, bersejarah, ikonik, dan emosional. Mulai dari kembalinya Niki Lauda setelah kecelakaan parahnya di Nurburgring (1976), kemenangan Michael Schumacher yang menyamai rekor Ayrton Senna (2000), kemenangan Charles Leclerc dengan Ferrari di Monza setelah 9 tahun (2019), sampai kemenangan Pierre Gasly untuk yang pertama kalinya (2020).

Baca juga: Zandvoort, Kembalinya Formula 1 Setelah 36 Tahun

Source: AFP

Italian Grand Prix tahun ini di menangkan oleh Daniel Ricciardo. Dengan Lando Norris di posisi ke-2 dan Valtteri Bottas di posisi ke-3. Kemenangan tersebut adalah kemenangan pertama Ricciardo dalam lebih dari tiga tahun. Dan juga merupakan kemenangan pertama McLaren sejak 2012. Hal tersebut merupakan bukti lainnya bahwa Monza selalu menghadirkan kemenangan yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.