Persidangan Epic Games dengan Apple Berakhir Seri

oleh -63 views
Epic Games Apple

ZETIZEN RADAR CIREBON – Berawal dari kapitalisasi Apple dan tak bolehnya Fortnite miliki pembayaran terpisah dari tokonya, Epic Games kemudian menyerang perusahaan pembuat iOS tersebut hingga ke meja hijau. (mrg)

Persidangan memang berjalan selama beberapa waktu, namun akhirnya drama keduanya menemui titik terang.

Melansir The Verge, putusan hakim hari ini akhirnya jelaskan bahwa kedua perusahaan baik Apple maupun Epic Games bersalah dan tak ada yang menang dalam kasus tersebut.

Hakim Yvonne Gonzalez-Rogers membela Apple secara keseluruhan dalam bidang bisnis bahwa Apple bukanlah perusahaan “antitrust monopolist” dalam pasarnya. Dari sini ia putuskan bahwa Epic wajib membayar kerugian akibat pembayaran pihak ketiga Fortnite versi iOS.

Sementara Apple kalah karena setelah persidangan mereka harus perbolehkan developer untuk memberikan link pembayaran pihak ketiga di software maupun gamenya. Ini juga termasuk tombol metadata, link eksternal, dan hal lain yang berhubungan dengan pembayaran.

Usai persidangan, Tim Sweeney selaku bos Epic Games jelaskan bahwa tidak ada kemenangan untuk developer dan konsumen. “Epic berjuang untuk kompetisi yang adil dalam urusan metode pembayaran di dalam aplikasi dan app store yang berisi miliar-an konsumen. Fortnite akan kembali ke iOS App Store ketika Epic bisa memberikan metode pembayaran dalam gamenya demi kompetisi yang adil dengan metode pembayaran Apple”, imbuhnya.

Baca juga : Open Beta New World telah Resmi Dimulai

Sederhananya, Epic kalah karena harus membayar ganti rugi mengingat sebelumnya Fortnite secara ilegal memberikan metode pembayaran pihak ketiga yang tak melalui Apple sama sekali.

Namun Apple juga mengikuti kekalahannya karena mereka harus memperbolehkan developer membuat pembayaran pihak ketiga agar kompetisi bisnis antar developer dan Apple adil.

Sayangnya, player menjadi yang paling dirugikan karena tak bisa memainkan Fortnite via iOS hingga Apple memberikan opsi tersebut.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.