Suka Mendengarkan Musik? 6 Manfaatnya Untuk Mental

oleh -54 views
musik

ZETIZEN RADAR CIREBON – Mendengarkan musik dapat menghibur, dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu bahkan dapat membuat Anda lebih sehat. Musik dapat menjadi sumber kesenangan dan kepuasan, tetapi ada banyak manfaat psikologis lainnya juga. Musik dapat menenangkan pikiran, memberi energi pada tubuh, dan bahkan membantu orang mengelola rasa sakit dengan lebih baik. (herdi)

Efek psikologis musik bisa sangat kuat dan luas. Terapi musik adalah intervensi yang kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan kesehatan emosional, membantu pasien mengatasi stres, dan meningkatkan kesejahteraan psikologis.

Musik Dapat Mengurangi Stres

Sudah lama di sarankan bahwa musik dapat membantu mengurangi atau mengelola stres. Pertimbangkan tren yang berpusat pada musik meditatif yang di ciptakan untuk menenangkan pikiran dan mendorong relaksasi. Untungnya, ini adalah salah satu tren yang di dukung oleh penelitian. Mendengarkan musik bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres.

Musik Dapat Membantu Anda Makan Lebih Sedikit

Salah satu manfaat psikologis yang paling mengejutkan dari musik adalah bahwa musik dapat menjadi alat penurun berat badan yang membantu. Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, mendengarkan musik lembut dan meredupkan lampu dapat membantu Anda mencapai tujuan.

Tingkatkan Memori Anda

Banyak siswa senang mendengarkan musik sambil belajar, tetapi apakah itu ide yang bagus? Beberapa merasa ingin memilih musik favorit mereka saat mereka belajar meningkatkan memori, sementara yang lain berpendapat bahwa itu hanya berfungsi sebagai pengalih perhatian yang menyenangkan.

Membantu Mengelola Rasa Sakit

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik dapat sangat membantu dalam pengelolaan rasa sakit. Satu studi pasien fibromyalgia menemukan bahwa mereka yang mendengarkan musik hanya satu jam sehari mengalami pengurangan rasa sakit yang signifikan di bandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol.

Pada akhir masa studi empat minggu, peserta yang mendengarkan musik setiap hari mengalami penurunan yang signifikan dalam perasaan sakit dan depresi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terapi musik bisa menjadi alat penting dalam pengobatan nyeri kronis.

Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Insomnia adalah masalah serius yang mempengaruhi orang-orang dari semua kelompok umur. Meskipun ada banyak pendekatan untuk mengatasi masalah ini, penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik yang menenangkan dapat menjadi obat yang aman, efektif, dan terjangkau.​

Membantu Anda Meningkatkan Motivasi

Ada alasan bagus mengapa Anda merasa lebih mudah berolahraga sambil musikan. Para peneliti telah menemukan bahwa mendengarkan musik dengan tempo cepat memotivasi orang untuk berolahraga lebih keras.

Penelitian menunjukkan bahwa itu dapat membantu. Tetapi itu tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis musik, kenikmatan pendengar terhadap musik itu, dan bahkan seberapa terlatihnya pendengar itu dalam bermusik. Dalam satu penelitian, siswa yang naif secara musikal belajar lebih baik ketika mendengarkan musik positif, mungkin karena lagu-lagu ini menimbulkan lebih banyak emosi positif tanpa mengganggu pembentukan memori.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.