Ternyata Meditasi Juga Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

oleh -52 views
kesehatan otak

ZETIZEN RADAR CIREBON – seperti meditasi teratur telah terbukti mengurangi gejala kecemasan, depresi dan insomnia, dan bahkan dapat mengurangi tekanan darah dan semua kejadian umum dalam pandemi global. Tetapi penelitian baru menunjukkan mungkin ada manfaat untuk fungsi otak juga.  (herdi)

Baca Juga :Sweet Tooth, Serial Fantasi Adaptasi Komik DC

Menurut Studi

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini, yang di sebut focused attention meditation (FAM), biasanya berfungsi sebagai pengantar latihan bagi meditator pemula.

Pemindaian akhir studi mengungkapkan hubungan yang di perkuat antara dua jaringan di otak yang bertepatan dengan perhatian terfokus dan pikiran yang mengembara atau melamun. Setelah delapan minggu bermeditasi, peserta bisa lebih cepat fokus.

Sementara penelitian ini datang dengan keterbatasan substansial, seperti ukuran sampel yang kecil dan kurangnya kelompok kontrol. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa potensi untuk mengubah fungsi otak meningkat dengan terus berlatih FAM.

Studi di masa depan akan membutuhkan lebih banyak peserta dan periode tindak lanjut yang lebih lama untuk mengkonfirmasi efek meditasi pada aktivitas fungsional.

Penulis studi Weiying Dai, PhD, yang penelitiannya berkisar pada fungsi otak dan dampak penyakit. Berencana untuk terus mengeksplorasi cara meditasi dapat mengurangi masalah fungsional yang di sebabkan oleh kondisi seperti penyakit Alzheimer dan autisme.

Mengembangkan Latihan Meditasi

Psikolog Lori Ryland, PhD, menjabat sebagai kepala petugas klinis di Pusat Perawatan Pinnacle. Di mana meditasi adalah strategi umum untuk mengobati penyakit mental dan kecanduan. Dia mencatat bahwa, dengan latihan meditasi yang teratur Anda menuai manfaat mental dari menyisihkan waktu untuk fokus hidup pada saat ini.

Mencerminkan keunikan setiap individu, tidak ada bentuk meditasi yang cocok untuk semua. Di butuhkan waktu untuk mengembangkan latihan yang cocok untuk Anda.

“Memperhatikan apa yang ada mungkin tidak selalu menyenangkan. Jika Anda memperhatikan, ini berarti Anda melakukannya dengan benar .”

Lori Ryland, PhD

Ryland mencatat bahwa seringkali bagian tersulit dari meditasi adalah memulai latihan. Banyak orang berangkat dengan harapan untuk mencapai keadaan kebahagiaan yang santai. Dan ketika pikiran mengembara, mereka menjadi frustrasi dan merasa bahwa mereka “melakukannya salah.” ketekunan dan kesabaran adalah kuncinya.

Penelitian telah menunjukkan bahwa di perlukan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan agar perilaku baru menjadi kebiasaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.