3 Faktor Krusial yang Menyebabkan Kamu Insomnia

oleh -20 views
insomnia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Orang dengan insomnia atau sulit tertidur, tetap tertidur atau cukup tidur nyenyak. Insomnia adalah gangguan tidur yang umum. Seiring waktu, kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes, hipertensi, dan penambahan berat badan. Perubahan perilaku dan gaya hidup dapat meningkatkan istirahat Anda. Terapi perilaku kognitif (CBT) dan obat tidur juga membantu. (herdi)

Baca Juga : Fakta Menarik Tentang Lucid Dream

Kualitas tidur kita adalah salah satu penentu kualitas hidup. Tidur memang bukan selalu mengenai durasi atau berapalama kamu tidur, tapi jika kuantitas dan kualitasnya buruk, itu jelas akan mempengaruhi kinerja, bahkan emosi dalam aktifitas sehari-hari.

Jika kamu sulit tidur, sering terjaga di malam hari atau malah tertidur kemudian terbangun kembali di waktu menjelang pagi, bisa jadi ada beberapa penyebab yang perlu di perhatikan.

Pola Kebiasaan

Apa hal terakhir yang kamu lakukan sebelum tidur? Paparan dari sinar televise atau gadget juga membuat mata kita tetap aktif. Atau makan dalam porsi yang besar sebelum tidur juga bisa mempengaruhi kondisi fisik kita. Karenanya usahakan melakukan semua itu setidaknya 30-60 menit sebelum tidur.

Insomnia juga banyak di sebabkan oleh pola kebiasaan yang tidur larut malam yang menyebabkan alarm tubuh kita tidak mudah menjadi ngantuk. Cara mengubahnya biasanya adalah dengan memajukan jam tidur sedikit demi sedikit. Cobalah untuk tiddur setidaknnya 30 menit lebih awal dan terus tingkatkan.

Faktor Lingkungan

Coba cek kembali situasi tempat kamu beristirahat, bagaimana suhu, penerangan, aroma, dan suaranya? Banyak yang terganggu karena polusi visual dan audio sehingga membuat tidak nyaman. Bersihkan dulu diri kamu dan area tidurmu agar tidur menjadi semakin nyaman.

Pisahkan juga tempatmu bekerja,makan, menonton, dan beristirahat jika memungkinkan, hal ini secara tidak langsung memberikan sinyal pada tubuh kita untuk beristirahat dan meletakan aktifitas lain, jika sudah ada di tempat tidur.

Overthingking

Salah satu penyebab terbesar insomnia adalah pikiran yang aktif bekerja tanpa hentinya. Ini bisa membuat tubuh kta tidak bisa nyaman untuk beristirahat. Biasanya hal ini dikarenakan rasa cemas, khawatir, serta penyesalan akan sesuatu yang berasal dari masa depan atau masa lalu.

Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk mengekspresikan pikiranmu melalui tulisan atau menghubungi orang terpercaya untuk bercerita. Selain itu, kamu juga bisa berlatih fokus atau mindfulness pada waktu saat ini dan menikmati setiap momennya agar kualitas hidup lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.