4 Strategis Psikologis Mencapai Kesuksesan Di Hidupmu

oleh -47 views
kesuksesan

ZETIZEN RADAR CIREBON – Bagaimana kita mendefinisikan kesuksesan? Ada banyak taktik berbeda untuk menjadi sukses dalam hidup, tetapi strategi yang paling cocok untuk Anda mungkin bergantung pada pandangan Anda tentang kesuksesan itu sendiri. (herdi)

Definisi pribadi Anda tentang apa itu kesuksesan mungkin berbeda-beda, tetapi banyak yang mungkin mendefinisikannya sebagai terpenuhi, bahagia, aman, sehat, dan dicintai.

Ini adalah kemampuan untuk mencapai tujuan Anda dalam hidup, apa pun tujuan itu. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda mencapai hal-hal ini? Apa saja kebiasaan orang sukses? Tidak ada satu cara yang tepat untuk menjadi sukses. Apa yang berhasil untuk Anda mungkin tidak berhasil untuk orang lain.

Mungkin tidak ada kombinasi sempurna dari bahan-bahan yang dapat menjamin kesuksesan, tetapi ada beberapa langkah dasar yang dapat Anda ikuti yang dapat meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam hidup, cinta, pekerjaan, atau apa pun yang penting bagi Anda.

1. Bangun Pola Pikir yang Tumbuh

Penelitian oleh psikolog Carol Dweck menunjukkan bahwa ada dua pola pikir dasar yang memengaruhi cara orang berpikir tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka: pola pikir tetap dan pola pikir berkembang.

Orang yang memiliki mindset tetap percaya bahwa hal-hal seperti kecerdasan itu statis dan tidak dapat diubah. Mereka yang memiliki mindset tetap percaya bahwa kesuksesan bukanlah hasil kerja kerasitu hanyalah konsekuensi dari bakat bawaan.

Mereka yang memiliki mindset berkembang, di sisi lain, merasa bahwa mereka dapat berubah, tumbuh, dan belajar melalui usaha. Orang-orang yang percaya bahwa mereka mampu tumbuh lebih mungkin untuk mencapai kesuksesan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membangun mindset berkembang?

  • Percaya bahwa usaha Anda penting. Daripada berpikir bahwa kemampuan mereka tetap atau macet, orang yang memiliki mindset berkembang percaya bahwa usaha dan kerja keras dapat mengarah pada pertumbuhan yang berarti.
  • Pelajari keterampilan baru. Ketika menghadapi tantangan, mereka mencari cara untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk mengatasi dan menang.
  • Lihat kegagalan sebagai pengalaman belajar. Orang dengan mindset berkembang tidak percaya bahwa kegagalan adalah cerminan dari kemampuan mereka.

2. Tingkatkan Kecerdasan Emosional Anda

Kecerdasan keseluruhan telah lama di yakini sebagai salah satu faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan di berbagai bidang kehidupan, tetapi beberapa ahli menyarankan bahwa kecerdasan emosional sebenarnya lebih penting.

Untuk meningkatkan kecerdasan emosional Anda coba hal berikut:

  • Perhatikan emosi Anda sendiri. Fokus pada mengidentifikasi apa yang Anda rasakan dan apa yang menyebabkan perasaan itu.
  • Kelola emosi Anda. Mundur dan cobalah untuk melihat berbagai hal dengan mata yang tidak memihak. Hindari memendam atau menekan perasaan Anda, tetapi carilah cara yang sehat dan tepat untuk mengatasi apa yang Anda rasakan.
  • Dengarkan orang lain. Ini tidak hanya melibatkan mendengar apa yang mereka katakan, tetapi juga memperhatikan sinyal nonverbal dan bahasa tubuh.

3. Kembangkan Ketangguhan Mental

Ketangguhan mental mengacu pada ketahanan untuk melanjutkan dan terus berusaha bahkan dalam menghadapi rintangan. Orang yang memiliki kekuatan mental ini melihat tantangan sebagai peluang.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan ketangguhan mental Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses dalam hidup?

  • Percaya pada dirimu sendiri. Hilangkan self-talk negatif dan cari cara untuk tetap positif dan menyemangati diri sendiri.
  • Terus mencoba. Bahkan ketika hal-hal tampak tidak mungkin atau kemunduran terus menghambat Anda, fokuslah pada cara-cara Anda dapat mengembangkan keterampilan Anda dan terus maju.
  • Menentukan tujuan. Orang yang tangguh secara mental tahu bahwa untuk mencapainya, mereka harus memulai dengan memiliki tujuan yang dapat dicapai.

4. Kuatkan Tekad Anda

Dalam studi longitudinal yang telah berjalan lama, psikolog mengikuti sekelompok anak yang diidentifikasi oleh guru mereka sebagai sangat cerdas. Ketika mereka membandingkan bagaimana subjek-subjek ini bernasib sepanjang masa kanak-kanak dan hingga dewasa.

Strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kemauan Anda meliputi hal berikut:

  • Gangguan. Misalnya, jika Anda mencoba menurunkan berat badan tetapi mengalami kesulitan untuk menjauhi camilan favorit Anda, mengalihkan perhatian Anda pada saat-saat lemah dapat menjadi cara yang efektif untuk menghindari menyerah pada godaan.
  • Praktek. Kemauan adalah sesuatu yang dapat Anda bangun, tetapi itu membutuhkan waktu dan usaha. Mulailah dengan membuat tujuan-tujuan kecil yang membutuhkan kemauan keras untuk mencapainya, seperti menghindari camilan manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.