6 Manfaat Dalam Memelihara Ikan di Akuarium Rumah

oleh -16 views
akuarium

ZETIZEN RADAR CIREBON – Meskipun kucing dan anjing dipandang sebagai hewan peliharaan yang khas, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa ikan akuarium dipelihara sebagai hewan peliharaan rumah tangga di Indonesia. Ini menjadikan mereka jenis hewan peliharaan paling popular selain anjing dan kucing, tentu saja. Menjaga akuarium rumah adalah tanggung jawab besar, tetapi memiliki manfaatnya. (herdi)

Berikut adalah 6 manfaat teratas yang terkait dengan memelihara akuarium rumah.

1. Berkurangnya Tingkat Stres

Sulit untuk merasa stres ketika melihat akuarium rumah yang berkembang pesat. Ada sesuatu yang damai tentang hal itu yang menenangkan Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Ini adalah bagian dari alasan Anda akan menemukan tangki ikan di lingkungan dengan tekanan tinggi seperti kantor dan rumah sakit. Mengelola tingkat stres Anda sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

2. Peningkatan Kualitas Tidur

Bagi banyak orang, tidur bukanlah hal yang mudah. Menonton tangki ikan Anda sebelum tidur dapat membantu menenangkan tubuh dan pikiran Anda cukup untuk tertidur, menyelamatkan Anda dari menghabiskan setengah malam berguling-guling.

3. Menurunkan Tekanan Darah Detak Jantung

Ketika Anda merasa stres berkurang dan tidur lebih banyak, tubuh Anda akan merasa dan berfungsi lebih baik. Lebih dari itu, bagaimanapun, memiliki tangki ikan sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Melihat tangki ikan dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah Anda.

Menurut sebuah penelitian, melihat tangki kosong mengurangi detak jantung sebesar 3% sementara tangki dengan ikan yang ada menghasilkan pengurangan 7%. Jika Anda berjuang dengan tekanan darah tinggi atau masalah kesehatan jantung lainnya, memiliki tangki ikan di rumah Anda dapat sangat membantu Anda.

4. Berkurangnya Rasa Sakit dan Kecemasan

Menonton tangki ikan hampir menghipnotis. Tidak hanya detak jantung Anda melambat dan tekanan darah Anda menjadi normal, tetapi Anda mungkin menemukan stres dan kekhawatiran Anda hilang juga. Kehadiran akuarium telah terbukti mengurangi kecemasan dan rasa sakit pada pasien gigi.

5. Menigkatkan Fokus dan Kreativitas

Kehadiran akuarium dapat menenangkan tubuh dan pikiran Anda, membebaskan Anda dari stres dan kecemasan yang mungkin menahan Anda. Memiliki tangki ikan di ruang kerja Anda benar-benar dapat meningkatkan fokus Anda dan meningkatkan kreativitas, membantu Anda memaksimalkan produktivitas Anda.

6. Efek Menenagkan Anak dan Pasien Alzheimer

Meskipun tangki ikan memberikan stimulasi visual yang dapat meningkatkan fokus dan kreativitas Anda, akuarium juga dapat memiliki efek yang sangat menenangkan. Manfaat khusus ini telah diamati pada anak-anak dengan gangguan hiperaktif serta pasien Alzheimer. Dalam satu penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue, keberadaan akuarium di rumah meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan nafsu makan pada pasien Alzheimer sekaligus mengurangi perilaku agresif.

Manfaat kesehatan dari akuarium melampaui tangki ikan sederhana di rumah. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di akuarium umum dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental juga. Eksperimen terkontrol pertama yang menguji dampak akuarium terhadap detak jantung dan tekanan darah dilakukan pada tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.