Apakah Kebiasaan Belajar dengan Musik Efektif?

oleh -71 views
belajar

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anda mungkin pernah mendengar sebelumnya bahwa musik membantu Anda belajar. Tapi nyatanya, musik juma memiliki dampak negatif dalam belajar, tergantung pada siswa dan jenis musiknya. Baca terus untuk mengetahui bagaimana kinerja akademik dan kognisi dapat dipengaruhi oleh musik, dan bagaimana meningkatkan kebiasaan belajar Anda sendiri. (herdi)

Baca Juga :Gaya Belajar : Mengenal Teknik SQ3R

Kelebihan Kebiasaan Belajar dengan Memutar Musik

Terbukti Meredakan Stres Siswa

Di tengah semester yang sibuk, stres mahasiswa semakin tinggi. Ini adalah alasan sempurna untuk meninjau catatan kelas Anda dengan pemutaran musik, terbukti membantu mengurangi stres! Musik adalah cara untuk memproses emosi dan memperkuat tekad mereka dengan kewalahan.

Orang sering beralih ke musik yang dapat mereka hubungkan karena membantu mereka mengatasi stres dengan cara ini. Tidak hanya akan membantu Anda berkonsentrasi pada studi Anda, itu juga akan membantu menjaga stres dan menempatkan Anda dalam suasana belajar.

Kurangi Kecemasan Ujian

Jika Anda seperti banyak siswa yang menderita kecemasan dan stres, cobalah mendengarkan musik rap sambil belajar. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Cambridge menunjukkan bahwa musik hip-hop memberikan efek semangat pada pendengarnya yang dapat membantu mereka menerima, mengelola, dan menangani masalah kesehatan mental dengan lebih baik.

Kekurangan Mendengarkan Musik Saat Belajar

Dan tetap saja, terlepas dari manfaat ini, penelitian telah menunjukkan bahwa musik sering kali lebih mengganggu daripada membantu.

Fokus Terganggu karena Lirik

Siswa yang mendengarkan musik dengan lirik sambil menyelesaikan tugas membaca atau menulis cenderung kurang efisien dan menyerap informasi lebih sedikit.

Musik yang Tidak Cocok dengan Situasi

Musik yang keras atau gelisah dapat memiliki efek buruk pada pemahaman membaca dan suasana hati, membuat fokus lebih sulit.

Sulit Menghafal Materi

Siswa yang menggunakan musik untuk membantu mereka menghafal terkadang perlu mendengarkan musik saat mengerjakan ujian untuk mendapatkan manfaat dari metode belajar ini. Dalam lingkungan pengambilan tes yang sunyi, para siswa ini mungkin merasa lebih sulit untuk mengingat informasi.

Pada akhirnya, efek musik pada kebiasaan belajar tergantung pada siswa dan gaya belajar mereka. Jika mudah terganggu, siswa kemungkinan besar harus menghindari musik sehingga mereka dapat tetap fokus pada pekerjaan mereka.

Sebaliknya, siswa yang berfungsi lebih baik sebagai multi-tasker mungkin menemukan bahwa musik membantu mereka untuk berkonsentrasi lebih baik.

Membangun Kebiasaan Belajar yang Lebih Baik

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan memori dan keterampilan belajar Anda, Study.com menawarkan materi kursus tentang perspektif kognitif dan kognisi yang mencakup pelatihan untuk meningkatkan memori jangka pendek dan jangka panjang, mengambil ingatan, dan membentuk kebiasaan belajar yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.