Berikut Cara Menemukan Waktu untuk Diri Sendiri

oleh -35 views
waktu untuk diri sendiri
Back view of female employee taking a break one moment while speaking on video call with diverse colleagues on online briefing with laptop at home.

ZETIZEN RADAR CIRREBON – Berapa kali Anda memikirkan sesuatu yang ingin Anda lakukan, tetapi kemudian berpikir bahwa Anda tidak punya waktu untuk itu? Banyak dari kita menghabiskan begitu banyak waktu untuk melakukan apa yang kita rasa harus kita lakukan sehingga kita tidak memiliki cukup waktu untuk diri sendiri. (herdi)

Manfaat Waktu Senggang

Kemampuan untuk menemukan waktu dalam jadwal yang sibuk adalah penting karena beberapa alasan. Memiliki cukup waktu untuk diri sendiri, waktu sendirian, dan waktu tidak melakukan apa-apa sangat penting untuk menjaga keseimbangan.

Saat Anda memiliki waktu untuk diri sendiri, Anda dapat:

  • Jelajahi kreativitas Anda
  • Kembangkan dan jelajahi minat Anda
  • Membangun kekuatan mental
  • Rencanakan masa depanmu
  • Santai
  • Pelajari lebih lanjut tentang diri Anda
  • Meningkatkan regulasi emosi

Orang-orang, terutama introvert, membutuhkan waktu untuk beristirahat dan berkumpul kembali, dan jumlah waktu istirahat yang diperlukan meningkat selama masa-masa stres.

Atur Jadwal Anda

Ini bisa sedikit rumit karena Anda mungkin perlu memiliki waktu ekstra hanya untuk dekompresi. Anda tidak ingin memaksakan diri untuk beroperasi pada kapasitas penuh 24 jam sehari ketika Anda mungkin perlu bersantai dengan tayangan ulang sesekali.

Belajar Mendelegasikan

Apakah ada tanggung jawab yang Anda miliki di rumah atau di tempat kerja yang dapat didelegasikan kepada asisten, anggota keluarga, atau orang lain?

Beberapa caranya mungkin seperti mengizinkan orang lain untuk mengambil alih tugas dapat membawa manfaat tambahan. Mereka mungkin menemukan bahwa mereka lebih baik daripada yang mereka kira.

Belajar Mengatakan “Tidak” Dengan Stres Minimal

Sebelum Anda mengambil tanggung jawab baru, pikirkan baik-baik tentang bagaimana aktivitas ini akan berdampak pada hidup Anda, baik secara positif maupun negatif. Menolak permintaan mungkin membawa beberapa kerugian, tetapi sering kali sepadan. Mengatakan tidak menjadi lebih mudah dengan latihan.

Rencanakan Waktu Henti Anda

Pastikan bahwa Anda mendapatkan setidaknya sedikit waktu untuk diri sendiri setiap hari. Misalnya, jika Anda ingin mulai berolahraga lebih banyak, rencanakan hari apa yang Anda rencanakan untuk berolahraga dan kemudian jadwalkan sisa hari Anda di sekitar hal-hal itu.

Beberapa cara untuk mengukir waktu untuk diri sendiri (bahkan ketika Anda sibuk):

  • Tetapkan batasan dan pastikan orang lain tahu bahwa mereka tidak boleh mengganggu selama waktu henti Anda.
  • Prioritaskan dan selesaikan tugas “harus dilakukan” lebih awal sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk dikerjakan.

Coba Mini-Breaks

Meluangkan waktu untuk diri sendiri tidak selalu harus melibatkan pembersihan sebagian besar waktu luang dalam jadwal Anda. Faktanya, penting untuk mengambil istirahat kecil secara berkala untuk mengisi ulang dan menyegarkan.

Beberapa ide untuk istirahat cepat meliputi:

  • Latih pernapasan dalam
  • Lakukan meditasi singkat
  • Menggeliat
  • Lakukan beberapa permainan otak yang menantang

Jangan menunggu sampai Anda mencapai titik di mana Anda merasa tidak tahan lagi. Ketika Anda merasa perlu istirahat, berjalanlah sejenak untuk menjernihkan pikiran, meskipun hanya untuk bersantai beberapa menit dengan secangkir kopi atau menikmati jalan-jalan di sekitar blok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.