Daftar Game Buatan Indonesia yang Wajib Kamu Coba (Part 3)

oleh -109 views
Game Buatan Indonesia

ZETIZEN RADAR CIREBON – Indonesia sering menjadi bahan olokan khususnya untuk setiap produk elektronik yang dibuat para produsennya, termasuk video game. Banyak developer pemula yang hanya mementingkan tampilan visual dan “gelar”. Salah satunya adalah kisah pengembangan Rise of Nusantara dengan CryEngine 3 yang hingga detik ini tidak ada kabar sama sekali selain tech demo. (mrg)

Meskipun demikian, selama beberapa tahun terakhir developer Indonesia belajar untuk mengembangkan game seru yang tak fokus pada grafik. Mereka belajar dari beberapa developer sukses dan akhirnya berhasil menembus pasar internasional dengan kualitasnya.

Karena tentu saja untuk menembus pasar internasional tidak mudah, khususnya untuk console. Pihak pembuat console juga akan mengkurasi bahwa karya mereka pantas atau tidak untuk dimasukkan dalam jajaran pustaka game mereka.

Berbagai kerjasama dengan publisher luar untuk membiayai proyek mereka dengan bagi hasil saat gamenya dirilis dan dijual menjadi salah satu usaha developer Indonesia untuk mengenalkan karyanya. Bahwa game mereka tidak rendahan dan mampu bersaing di pasar internasional.

Trus apa aja sih game buatan Indonesia yang sudah rilis dan sudah go internasional? Nah berikut adalah daftar game buatan indonesia yang wajib kamu coba!

Samudra

Samudra adalah game yang sederhananya mirip dengan Limbo atau Inside. Game buatan Khayalan Arts tersebut fokuskan diri pada petualangan anak kecil dengan helm penyelam menjelajahi lautan yang tercemar akibat hal yang dilakukan umat manusia demi kembali ke permukaan.

Perjalanan anak tersebut tak mudah karena ia seringkali dihalangi oleh para antagonis yang terus memburunya. Ikan aneh hingga sosok makhluk seperti manusia dengan jas rapi menjadi rintangan yang harus ia lewati.

Player akan melihat bagaimana hasil dari pencemaran umat manusia terhadap beberapa biota laut seperti ikan dan terumbu karang.

Soundtracknya yang tak biasa dengan gambarnya yang digambar dengan tangan membuat Samudra salah satu game yang unik dengan cerita yang ambigu dan bebas diinterpretasikan oleh setiap playernya. Beragam puzzle juga wajib diselesaikan oleh player di sepanjang permainan.

Adanya kampanye untuk bersihkan laut dari plastik agar lautan Indonesia bebas plastik hingga 70% di tahun 2025 menjadi salah satu hal yang terus dikumandangkan Khayalan Arts sejak pengembangan game ini. Mereka juga bekerjasama dengan beberapa organisasi pecinta lingkungan untuk realisasikan gamenya sebagai salah satu bentuk kampanye tersebut.

Baca juga : Daftar Specialist Baru di Game Battlefield 2042

Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds

Legrand Legacy: Tale of the Fatebounds mungkin menjadi salah satu game dengan berbagai campuran elemen game JRPG lawas yang ada di PlayStation 1 maupun PlayStation 2. Game tersebut sekaligus salah satu game JRPG yang dikemas dengan sangat baik dari developer Indonesia. Meskipun pada kenyataannya ia meminjam beberapa mekanik dari Legend of Dragoon, Final Fantasy, hingga Suikoden.

Ceritanya cukup klise, di mana kamu akan memerankan karakter bernama Finn yang alami amnesia tentang siapa dirinya. Ia kemudian bertemu dengan seorang gadis bernama Aria yang ikut membantu menguak siapa jati diri Finn yang sesungguhnya.

Valthirian Arc: Hero School Story

Valthirian Arc: Hero School Story merupakan game RPG dengan sentuhan simulasi manajemen. Kamu akan berperan sebagai kepala sekolah akademi ksatria dari Valthiria yang akan mengayomi para murid dan penghuninya. Tak hanya bertempur dengan para monster, kamu juga akan bisa mengatur jadwal murid yang telah dipilih untuk lakukan latihan, entah jalankan quest, maupun yang lain.

Sumber : Gamebrott

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.