,

Di Tengah Pandemi, IAIN Cirebon Punya Dua Jenis KKN?

oleh -27 views

ZETIZEN RADAR CIREBON- KKN adalah sebuah kegiatan yang menjadi program intra perguruan tinggi. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia melaksanakan KKN bagi mahasiswa yang sudah mendekati semester akhir (semester 6-7). Hal ini sejalan dengan Tri Dharma perguruan tinggi, yaitu Dharma pengabdian kepada masyarakat. Oleh karena itu, KKN menjadi program wajib bagi perguruan tinggi termasuk PTKIN. IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi salah satu kampus di Cirebon yang melaksanakan KKN tahun ini. Dengan konsep baru, IAIN Cirebon membagi program KKN menjadi dua jenis, yaitu: KKN-DR (Dari Rumah) dan KKN GM (Gemmar Mengaji). Pembagian KKN menjadi dua jenis seperti ini adalah hal yang baru di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (IND)

Perbedaan KKN DR dan KKN GM

Apa sih bedanya KKN DR dan KKN GM?. Readers pasti penasaran kan kenapa tahun ini ada dua jenis KKN di IAIN Cirebon, dan apa sih bedanya.

Kita bisa lihat dari namanya, KKN DR itu singkatan dari KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan DR (Dari Rumah). KKN DR ini semacam KKN yang pelaksaannya di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Bisa individu bisa juga kelompok tergantung apakah kita memiliki teman yang satu daerah dan sama sama sedang menjalankan KKN atau tidak. Selain itu, KKN DR ini hanya berlangsung selama kurang lebih 1 bulan atau lebih tepatnya 40 hari.

Terus, apa bedanya dengan KKN GM?. KKN GM itu singkatan dari KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan GM (Gemmar Mengaji). Nah, kata ‘Gemmar’ ini memiliki makna, yaitu Gerakan Masyarakat Maghrib. Jadi, maknannya KKN GM ini adalah KKN yang programnya itu mengajak masyarakat untuk mengaji Maghrib. Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat dari yang muda bahkan anak anak sampai yang dewasa untuk meramaikan masjid khususnya di antara waktu maghrib hingga Isya.

Uniknya lagi, KKN GM ini pelaksanaanya lebih lama daripada KKN DR, yaitu tiga bulan. Selain itu, KKN GM ini bekerja sama dengan pemerintahan Kota Cirebon demi mewujudkan tatanan masyarakat KOta Cirebon yang agamis sesuai visi “Sehati Kita Wujudkan Kota Cirebon Sebagai Kota Kreatif Berbasis Budaya dan Sejarah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.