Dysania! Keadaan Sulit Bangun di pagi Hari

oleh -49 views
dysania

ZETIZEN RADAR CIREBON – Dysania digambarkan sebagai keadaan sulit untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari. Mereka yang menderita itu akan merasa sulit untuk meninggalkan tempat tidur di pagi hari, dan itu lebih dari sekadar kantuk. (herdi)

Bahkan jika mereka yang terkena telah tidur berjam-jam lebih lama dari yang direkomendasikan, mereka masih kesulitan untuk meninggalkan tempat tidur mereka. Mereka juga akan merasakan kerinduan untuk tempat tidur mereka dan untuk kembali ke dalamnya begitu mereka keluar.

Apakah Kondisi Ini Nyata ?

Dysania belum diakui sebagai kondisi formal, tetapi merupakan istilah yang kadang-kadang masih digunakan oleh para profesional medis. Mereka yang menderita Dysania biasanya memiliki kondisi kesehatan mental yang serius, seperti depresi.

Dysania vs. Kelelahan

Ketika Anda tidak bisa pergi di pagi hari setiap hari, itu dapat memengaruhi setiap aspek kehidupan Anda. Keluarga, bos, rekan kerja, dan teman Anda mungkin tidak mengerti mengapa Anda tidak dapat berfungsi.

Jika Anda mengalami dysania, bukan berarti Anda malas. Anda mungkin memiliki masalah mendasar yang harus disalahkan atas kelelahan ekstrem Anda.

Apa yang Mungkin Menyebabkan Dysania?

Dysania dapat dihubungkan dengan beberapa kondisi kesehatan yang berbeda. Berikut ini sekilas penyakit yang dapat menyebabkan kelelahan, inersia tidur, atau disania.

Sindrom kelelahan kronis (ME/CFS)

Orang dengan ME/CFS merasa lelah terlepas dari apakah mereka tidur nyenyak atau tidak. Mereka juga dapat mengalami “kecelakaan”, di mana mereka di liputi kelelahan setelah aktivitas apa pun (fisik atau mental) yang terlalu menuntut.

depresi

Depresi dan dysania saling terkait. Itu karena depresi dapat menyebabkan Anda sulit tidur, dan kurang tidur kemudian dapat memperburuk gejala depresi. Terkadang, kelelahan disebabkan oleh kondisi kesehatan lain.

Cara Mengatasi Kurang Tidur

Mengobati kondisi mendasar Anda akan sangat membantu Anda menyelesaikan masalah saat bangun tidur. Apa pun penyebabnya, akan membantu untuk mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik:

  • Ikuti jadwal: Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari untuk membantu mengontrol jam tubuh Anda.
  • Hindari kafein, alkohol, dan nikotin: Ini dapat mengganggu tidur Anda.
  • Batasi tidur siang: Tidur siang yang lama di siang hari dapat membuat sulit untuk tertidur di malam hari. Jika Anda memang membutuhkan tidur siang, jangan istirahat lebih dari 30 menit, dan jangan tidur larut malam.
  • Latihan: Aktivitas fisik harian dapat meningkatkan energi dan mungkin juga membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tapi jangan berlebihan terlalu dekat dengan waktu tidur.
  • Jadikan kamar Anda nyaman untuk tidur: Terlalu banyak cahaya atau kebisingan dapat membuat Anda sulit untuk tertidur. Gunakan penutup telinga, penutup telinga, atau mesin white noise untuk menciptakan tempat yang nyaman untuk tidur. Juga, pastikan kamar tidur Anda sejuk. Antara 60 dan 67 derajat sangat ideal.
  • Jauhi layar: Menggunakan tablet, ponsel, TV, laptop, dan gadget lain sebelum tidur dapat membuang jam tubuh Anda. Hal ini dapat membuat lebih sulit untuk pergi tidur. Cobalah untuk membuang perangkat setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.