Efek Samping Mengonsumsi Kafein Secara berlebihan

oleh -239 views
efek samping kafein
cup of coffe on coffe beans background

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kafein sangat umum di masyarakat Amerika, Anda dapat dengan mudah lupa bahwa itu adalah obat adiktif. Orang mengkonsumsi kafein tidak hanya dalam kopi, tetapi juga dalam teh, coklat, dan minuman energi. Yang terakhir mungkin memiliki lebih banyak kafein daripada kopi. Meskipun mungkin memiliki beberapa manfaat, penting untuk diingat bahwa Anda mungkin mengalami sejumlah efek samping kafein yang mengganggu juga. (herdi)

Efek Samping

Ada sejumlah efek samping jangka pendek yang mungkin dialami orang saat mengonsumsi kafein. Efek samping ini biasanya terjadi ketika jumlah kafein yang lebih besar dikonsumsi, seringkali lebih dari 400 miligram (mg), atau lebih dari empat sampai lima cangkir kopi, per hari. Namun, ini dapat bervariasi, tergantung pada individu dan jumlah kafein yang biasanya mereka konsumsi dalam sehari.

beberapa efek samping jangka pendek utama dari keracunan kafein adalah berikut:

Kecemasan

Kafein dapat membuat Anda merasa lebih waspada, tetapi terlalu banyak juga dapat menyebabkan perasaan cemas dan gugup. Karena kafein dapat memicu respons fight-or-flight tubuh Anda, Anda mungkin merasa seolah-olah Anda sangat waspada.

Insomnia

Orang sering mengonsumsi kafein untuk meningkatkan terjaga, tetapi efek ini terkadang juga dapat mengganggu tidur. Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami kesulitan tidur atau mungkin mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan memulihkan.

Kafein mungkin tinggal di sistem Anda selama sekitar lima jam, jadi ada baiknya untuk berhenti mengonsumsi kafein pada sore hari.

Sakit kepala

Kafein adalah salah satu penyebab paling umum sakit kepala. Ini dapat memicu sakit kepala ketika dikonsumsi secara berlebihan, dan jika Anda menghentikannya secara drastis, itu dapat menyebabkan sakit kepala penarikan kafein

Agitasi psikomotor

Ini adalah semacam rangsangan fisik yang membuat tubuh Anda sulit untuk ditenangkan. Dan Anda mungkin juga merasa sulit untuk rileks atau menenangkan diri.

Secara Jangka Panjang

Penggunaan kafein atau penggunaan berlebihan mungkin juga memiliki beberapa efek samping jangka panjang. Ini dapat mencakup:

Ketergantungan Kafein

Karena zat ini dapat membentuk kebiasaan, Anda mungkin juga menjadi tergantung baik secara fisik maupun psikologis padanya. Ini berarti bahwa jika Anda pergi untuk waktu yang lama tanpa kafein, Anda mungkin mulai mengalami gejala penarikan. Gejala penarikan kafein dapat meliputi:

  • Suasana hati yang buruk
  • Sakit kepala
  • Mual
  • Kabut mental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.