Free Time Atau Uang? Hal yang Paling Membahagiakan

oleh -9 views
free time

ZETIZEN RADAR CIREBON – Merasa kewalahan dengan daftar tugas Anda tentu saja dapat membuat Anda tidak bahagia, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa lebih banyak free time mungkin bukan ramuan ajaib yang banyak dari kita impikan. (herdi)

Dalam studi, para peneliti menganalisis data dari dua survei skala besar tentang bagaimana orang  menghabiskan waktu mereka. Secara keseluruhan, survei tersebut melibatkan lebih dari 35.000 responden.

Para peneliti menemukan bahwa orang dengan lebih banyak free time umumnya memiliki tingkat kesejahteraan subjektif yang lebih tinggi, tetapi hanya sampai titik tertentu.

Orang-orang yang memiliki free time hingga dua jam sehari umumnya melaporkan bahwa mereka merasa lebih baik daripada mereka yang memiliki lebih sedikit waktu. Tetapi orang-orang yang memiliki lima jam atau lebih dalam sehari umumnya mengatakan bahwa mereka merasa lebih buruk.

Bagaimana Orang Menghabiskan Free Time Mereka

Tentu saja, kebanyakan orang secara naluriah tahu bahwa terlalu sibuk dapat menyebabkan stres. Tetapi studi baru ini bukan yang pertama mempertanyakan apakah lebih banyak free time benar-benar akan membuat orang bahagia seperti yang mereka yakini.

Bagian dari menemukan “titik manis” yang tampaknya sulit di pahami ini berkaitan dengan bagaimana orang menghabiskan waktu ekstra yang mereka miliki, para peneliti di balik studi baru berpendapat.

Selain menganalisis survei, mereka juga melakukan beberapa eksperimen yang lebih kecil. Peserta eksperimen di minta untuk membayangkan menghabiskan waktu itu untuk melakukan hal-hal yang “produktif” (seperti berolahraga). Atau membayangkan melakukan kegiatan yang “tidak produktif” (seperti menonton TV).

Peserta percaya bahwa kesejahteraan mereka akan terganggu jika mereka memiliki banyak free time di siang hari. Tetapi hanya jika mereka menggunakannya secara tidak produktif. Meskipun percobaan itu bersifat hipotetis.

Dengan kata lain, bagaimana orang menggunakan waktu luang mereka penting, dan berakhir dengan seluruh hari bebas untuk diisi sesuai keinginan mungkin tidak seperti yang di harapkan.

Tentu saja, apa yang terasa produktif terserah Anda. Jika menonton film di waktu luang Anda meningkatkan kebahagiaan Anda, Anda harus melakukannya. Inti dari semua ini adalah perawatan diri, bukan rasa malu.

Dan bahkan kegiatan yang produktif atau bertujuan bisa menjadi mudah dan menyenangkan. Seperti berjalan, yang dapat membantu membakar stres, seperti halnya peregangan. Kegiatan waktu luang seperti merajut, membaca, memasak, atau bermain game juga di ketahui dapat membuat orang merasa monoton.

Dalam kasus ketika orang menemukan diri mereka dengan jumlah waktu yang berlebihan, seperti pensiun atau meninggalkan pekerjaan. Hasil kami menunjukkan bahwa orang-orang ini akan mendapat manfaat dari menghabiskan waktu baru mereka dengan tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.