Hyperfocus Berdampak Pada Orang Dengan ADHD

oleh -61 views
hyperfocus

ZETIZEN RADAR CIREBON – Anak-anak dan orang dewasa dengan ADHD merasa sangat sulit untuk fokus pada tugas-tugas duniawi yang membosankan, namun dapat fokus dengan sangat baik pada aktivitas yang menarik minat mereka. Bahkan, ketika mereka terlibat dalam tugas yang menarik bagi mereka, mereka fokus dengan sangat baik sehingga disebut hyperfocus. (herdi)

Kemampuan untuk hyperfocus dapat membuat frustasi orang tua, guru atau pasangan, dan menghasilkan komentar seperti, “Mereka dapat fokus ketika mereka mau.” Namun, kemampuan untuk fokus lebih kompleks dari sekedar ingin.

Seperti Apa Tampilan Hyperfocus?

Ketika seseorang berada dalam mode tersebut, mereka menjadi begitu tenggelam dalam tugas sehingga mereka tidak menyadari semua hal lain yang terjadi di sekitar mereka. Anda mungkin memperhatikan ini ketika seorang anak dengan ADHD sedang bermain video game dan Anda mencoba untuk mendapatkan perhatian mereka.

Saat memanggil mereka, Anda tidak mendapat jawaban. Anda mencoba menelepon lebih keras, tetapi Anda masih tidak mendapatkan jawaban. Akhirnya, Anda mencoba meninggikan suara Anda menjadi teriakan, dan Anda tetap tidak mendapat jawaban.

Manfaat Hyperfocus pada Orang Dewasa dan Anak-anak Dengan ADHD

  • Ketika ada tenggat waktu, Anda dapat mengesampingkan semua hal lain dan fokus hanya untuk memenuhi tenggat waktu itu.
  • Jika Anda hyperfocus pada tugas-tugas yang berhubungan dengan pekerjaan, Anda mengembangkan reputasi sebagai seseorang yang berbakat dan berdedikasi pada pekerjaan mereka. Plus, itu berarti Anda menikmati waktu yang di habiskan di tempat kerja.
  • Di awal hubungan, Anda mungkin terlalu fokus pada orang yang Anda kencani. Tingkat perhatian yang intens ini terasa menyanjung dan memabukkan bagi teman kencan Anda.
  • Orang tua dapat hyperfocus pada aktivitas yang mereka lakukan dengan anak mereka. Memiliki orang tua yang asyik dengan proyek bersama yang menyenangkan membuat anak merasa sangat istimewa.
  • Seorang anak mungkin hyperfocus pada aktivitas yang membangun harga dirinya. Ini sangat positif, karena hidup dengan ADHD dapat mengikis harga diri mereka. Kegiatan tersebut, apakah belajar skateboard atau memprogram komputer, kurang penting daripada bagaimana perasaan mereka.

Efek negatif

Sayangnya, jika tidak di kelola dengan baik, hyperfocus dapat menyebabkan banyak masalah. Sebagai contoh:

  • Di tempat kerja, Anda mungkin melewatkan rapat, atau ketinggalan tanggung jawab karena Anda terlalu fokus pada elemen pekerjaan yang Anda nikmati.
  • Pasangan Anda mungkin akan merasa frustrasi dan marah kepada Anda karena Anda sepertinya hanya melakukan kegiatan yang menyenangkan bagi Anda. Sementara mereka di biarkan mengerjakan pekerjaan rumah tangga.
  • Hidup bisa menjadi tidak seimbang karena mudah lupa waktu ketika Anda hyperfocus.
  • Dan banyak lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.