Kakeibo! Pengelolaan Keuangan Masyarakan Jepang

oleh -49 views
kekeibo

ZETIZEN RADAR CIREBON – Kamu mungkin sudah banyak mendengar dan belajar tentang cara mengelola uang. Nah kali ini kita akan berkenalan dengan Kakeibo atau metode pengelolaan keuangan umah tangga ala masyarakat Jepang. Teknik ini di perkenalkan oleh jurnalis bernama Makoto Hani pada tahun 1904. (herdi)

Kemudian pada tahun 2017, melalui buku yang berjudul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money. Fumiko Chiba kembali memperkenalkan teknik ini dan di adaptasi oleh masyarakat modern dari berbagai Negara.

Cara Melakukan Teknik Kakeibo

Untuk memulai teknik ini, kita perlu menanyakan beberapa pertanyaan kepada diri sendiri yang berguna sebagai pengingat dan pemberi kesadaran dalam mengelola keuangan. Dan pertanyaan-pertanyaan berikut adalah :

  • Berapa sebenarnya uang yang Kamu miliki saat ini?
  • Dana yang ingin Kamu simpan?
  • Berapa jumlah uang yang rutin Kamu belanjakan?
  • Bagaimana cara untuk bisa meningkatakan uang yang Kamu tabung?

Metode kakeibo menekankan kita untuk menuliskan secara manual setiap pengeluaran dan pendapatan. Cara ini di percaya dapat menyadarkan atau memberikan awareness daam setiap aktifitas keuangan. Dengan begitu, kita di harapkan menjadi lebih rasional dalam pengelolaannya, tidak lagi menjadi pembeli yang emosional ataupun impulsif.

Jika kamu tertarik untuk menerapkan teknik ini, berikut adalah langkah-langkah yang bisa di lakukan:

  • Tuliskan semua pemasukan dari manapun sumbernya, entah gaji, bonus, preyek, dll.
  • Pisahkan dana yang ingin Kamu simpan atau tabung pada bulan tersebut. Lakukan ini di awal pengelolaan keuangan, bukan akhir.
  • Bagi sisa dana manjadi empat kategori: Survival (kebutuhan pokok), Optional, Culture, dan Extra.
  • Siapkan amplop untuk menyimpan uang untuk semua pos pengeluaran. Usahakan memiilih amplop dengan warna yang berbeda, kemudian beri nama di setiap amplop. Setelah itu, jangan lupa mencatat pengeluaran yang Kamu lakukan dari setiap amplop.

Pada akhir bulan, lakukanlah evaluasi. Cek amplop yang berhasil mengehemat banyak dan mana yang menghabiskan lebih dari budget. Dengan mengetahui hal ini, kamu bsa menyesuaikan budgeting untuk di bulan selanjutnya.

Dalam pengelolaan uang kakeibo ini juga di butuhkan disiplin yang ketat. karena kalau Kamu tergoda akan sesuatu hal dan melalaikan tujuan pengelolaan keuangan yang Kamu jalani, maka hasilnya percuma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.